HEADLINE

Dari Empat PPK di PPU Baru Waru Rampungkan Pleno

Irwan Sahwana

Irwan : Kami Himbau Masyarakat Tunggu Hasil Pleno KPU

PENAJAM (NK) – Dari empat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), hingga kini baru PPK Waru yang telah merampungkan rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan untuk54 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Demikian dikatakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU, Irwan Sahwana, kepada newskaltim.com, Rabu (24/04/2019).

“Informasi yang kami terima dari empat kecamatan yang pertama sudah selesai melakukan rekapitulasi adalah Kecamatan Waru dan kotak surat suara telah bergesar ke KPU PPU, sehingga kini tinggal PPK Penajam, Babulu dan PPK Sepaku,”ujarnya.

Dibeberkannya, untuk Kecamatan Penajam pleno rekapitulasi sudah dilakukan rekapitukasi pada 169 TPS dari 234 TPS sehingga tersisa 65 tempat lagi, sedangkan Kecamatan Sepaku kemungkinan  hari ini juga selesai dari total 106 TPS, diprediksi besok sudah bergeser kotak suaranya ke KPU PPU.

“Untuk PPK Babulu dari 121 TPS diprediksi yang sudah melakukan progres sebanyak 106 TPS sisa 15 TPS lagi. Kami targetkan Sabtu (27/04/2019) semua kotak suara di empat PPK sudah masuk di KPU PPU,”katanya.

Untuk diketahui, lanjutnya, hari ini dari lima hari batas proses Situng,  KPU PPU telah merampungkan 100 persen rekapitulasi untuk Pilpres, DPD dan DPR RI, mungkin malam ini akan diumumkan. Sedangkan DPRD Provinsi dan Kabupaten sudah masuk 98 persen.

Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat PPU untuk sebaiknya menahan diri terkait banyaknya lembaga quick count yang menampilkan datanya hasil pemilu tahun 2019. Pasalnya disejumlah media sosial (medsos) banyak menginformasikan hasil data dan tabulasi data mereka,”tegas Irwan.

Selain itu, pintanya, masyarakat juga harus melakukan croscek sumber datanya apakah dari KPU atau lembaga survey, sebab banyak di medsos tidak menampilkan sumber data dari lembaga mana, jadi diharapkan masyarakat bisa menunggu hasil real count KPU atau lebih baik lagi hasil pleno KPU.

Pada kesempatan ini, Irawan menyampaikan, dirinya atas nama pribadi dan KPU mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya M. Nasir warga Kecamatan Babulu, PPU ketika memasang tenda di TPS 24 RT. 20 di Babulu Darat, Selasa (16/04/2019) lalu.

“Yang bersangkutan bukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), namun pekerja dari tempat penyewaan tenda yang disewa KPPS tersebut,”katanya.

Diakuinya, di PPU ada satu orang petugas KPPS di Kelurahan Gunung Seteleng jatuh sakit karena kelelahan melaksanakan tugasnya di TPS dan saat ini telah menjalani perawatan di Rumah Sakit Restu Ibu Balikpapan.

“Petugas KPPS ini memang kelelahan dan maagnya kambuh karena terlambat makan, sehingga lambungnya luka. Kami telah arahkan agar yang bersangkutan di rawat di RS di Balikpapan,”pungkasnya.(nav/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top