Dibawa Rintik Hujan, Ratusan Santri di Kecamatan Samarinda Utara khitmat ikuti upacara Hari Santri 2022

SAMARINDA (NK) – Peringatan hari Santri Nasional sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, setiap tanggal 22 Oktober dilakukan dengan menggelar upacara bendera. Tak mau ketinggalan para santri di kecamatan Samarinda Utara juga menggelar upacara yang di pusatkan di ponpes Al Fatah jalan Wanyi Bengkuring Sempaja Utara.

Sesuai surat edaran Kementerian Agama Nomor SE 27 tahun 2022 tentang Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hari Santri 2022, antara lain mengatur bahwa upacara bendera Peringatan Hari Santri dilaksanakan serentak pada 22 Oktober 2022 dengan tema “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.

Peserta upacara tampak menggunakan sarung dengan atasan jaket almamater pondok berwarna hijau toska, berpeci hitam bagi laki-laki, dan untuk perempuan tampak menggunakan gamis berwarna putih kerudung hijau. Juga pasukan Banser Samarinda Utara dengan seragam dorengnya juga tampak turut serta ikuti upacara.

Sesuai jadwal semula upacara bendera akan dilaksanakan pukul 07.30 – 08.00, namun karena sejak subuh diberi Rahmat hujan, akhirnya baru dilaksanakan pukul 09.15 yang berpusat di halaman pondok pesantren Al Falah Bengkuring yang merupakan Cabang Pondok pesantren Lirboyo Kediri, Sabtu 22 Oktober 2022 dengan komandan upacara

 

Upacara yang diinspekturi Camat Samarinda Utara Syamsu Alam, dilaksanakan pengibaran bendera dengan Petugas pengibar bendera dari kesatuan pencak silat Nahdlatul ulama Pagar Nusa, dibacakan teks Pancasila BB oleh inspektur upacara, pembukaan UUD 1945, ikrar santri yang diikuti oleh seluruh peserta upacara, dan pembacaan Resolusi Jihad. Juga diakhir upacara dikumandangkan lagu Ya Lal Fathon dan Hari Santri oleh paduan suara Santri Ponpes Al Falah Bengkuring.

Dalam amanatnya Syamsu Alam mengatakan sangat bersyukur masih bisa melaksanakan upacara hari santri tahun 2022. Dan juga diberi kesempatan bersilaturahim dengan para ulama. “Generasi muda harus bersemangat karena kelak akan menggantikan kami-kami yang sudah sepuh-sepuh untuk meneruskan cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia,” ucap Syamsu Alam.

Hadir dalam upacara bendera Pimpinan ponpes Al Falah KH. Syamsul Arifin, Ketua BPBD Kota Samarinda Suwarso, pimpinan ranting Nahdlatul ulama di wilayah kecamatan Samarinda Utara.(Mun/NK)