ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Dibuka Wabup PPU, Bazar Buku Resmi Digelar

Wakil Bupati PPU Mustaqim MZ saat membaca buku di Bazar Buku Penajam


Mustaqim Ajak Cintai Buku

PENAJAM(NK) – Wakil Bupati Penajam Paser Utara H. Mustaqim, MZ, MM membuka Kegiatan Bazar Buku dengan tema “Gerakan Penajam Paser Utara Membaca” telah dibuka di Gedung Bundar Aula Islamic Center, Senin (04/09/17). Kegiatan ini digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Ar Riyadh Production, dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2017.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. PPU M. Ridwan Effendi memperkenalkan perpustakaan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip ini, dimana perpustakaan ini berada di Gedung Bundar Islamic Center dan Bazar buku tersebut dilaksanakan selama 10 hari, dimulai sejak tanggal 04 hingga 14 September 2017.

“Hal ini juga sudah di sosialisasikan di sekolah-sekolah sejak 3 bulan yang lalu,”terang Ridwan.

Ridwan menambahkan, minat baca yang dimiliki oleh masyarakat di Indonesia masuk dalam urutan ke 60 dari 61 negara, hal ini cukup memprihatinkan. Ridwan menjelaskan, dalam Undang-undang Dasar 1945 dan UU Nomor  43 tahun 2007, perpustakaan adalah jembatan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, karena perpustakaan menjadi pelengkap pendidikan formal yang melayani seluruh lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, dalam rangka memperingati hari kunjung perpustakaan ini diharapkan perpustakaan semakin digemari oleh seluruh lapisan masyarakat baik tua maupun muda,”terang Ridwan.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati PPU H. Mustaqim, MZ menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kab. PPU ini dan diharapkan kegiatan ini dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk lebih cinta membaca buku, karena buku adalah jembatan untuk mencerdaskan.

“Masalah minat membaca merupakan persoalan penting dalam pendidikan. Oleh karena itu pemerintah harus terus mencerdaskan kehidupan bangsa melalui budaya “Gemar membaca”. Indikator masyarakat berpendidikan adalah masyarakat yang memiliki kegemaran membaca tinggi. Dan, tugas kita bersama adalah membudayakan masyarakat Bumi Benuo Taka gemar membaca”, terang Mustaqim.

Mustaqim mengatakan, minat baca yang dimiliki oleh masyarakat terutama masyarakat kab. PPU masih sangat rendah. Kecanduan teknologi membuat banyak orang lebih nyaman berinteraksi dengan dunia maya dibanding kegiatan disekelilingnya, termasuk membaca. Interaksi dalam dunia maya seakan menjadi nyata, sebaliknya, interaksi dalam dunia nyata hanya angan belaka.

“Buku adalah jendela pengetahuan, semua buku adalah baik, tidak ada buku yang tidak baik. Dengan membaca buku, pengetahuan akan semakin bertambah. Semakin sering membaca buku, maka semakin lama akan semakin ketagihan. Jadikan hari ini sebagai momentum awal bagi kita untuk lebih mencintai buku,”tutup Mustaqim.(humas/nk/red)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top