Dinkes PPU menggelar Rapat Koordinasi Forum Germas Tingkat Kabupaten PPU

PENAJAM (NK) – Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sodikin, membuka Rapat Koordinasi Forum Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) tingkat Kabupaten PPU yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten PPU. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Lantai I gedung Bupati PPU, Kamis (2/12/2021)

Saat sambutan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten PPU Sodikin menyampaikan GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana
yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan serta kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Menurutnya, Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan.

“Saya menyambut baik serta menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan hari ini dapat mendorong upaya peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan” ucap Sodikin

Lanjut Sodikin, GERMAS juga merupakan gerakan Nasional yang diprakasai oleh Presiden Republik Indonesia (RI) yang tertuang dalam instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2017 yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif – rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

” Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor Kesehatan saja. Peran Kementrian dan Lembaga disektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.

Di akhir sambutan ia juga menerangkan, bahwa salah satu dukungan nyata Kabupaten PPU terhadap program GERMAS adalah tentang penerbitan Peraturan Bupati PPU Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat di Daerah yang terus di galakkan untuk penegakannya.

“Bahkan sudah diperkuat juga dengan Keputusan Bupati PPU Nomor 440/252/2018 tentang Pembentukan Forum Germas Kabupaten PPU dengan Masa Bhakti 2018 – 2023 ,” pungkasnya. (Advertorial/NK-02)