Disbudpar Sosialisasikan Sadar Wisata Buen

Kepala Disbudpar PPU, Tita Deritayati saat mensosialisasikan Gerakan Sadar Wisata Buen kepada pengurus dan anggota PHRI PPU

PENAJAM (NK) –  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mensosialisasikan  Gerakan Sadar Wisata Buen dalam rangka meningkatkan potensi kepariwisataan berbasis masyarakat kepada pengurus dan anggota  Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten PPU, Selasa (3/10/2017) di Hotel Three B Garden, Penajam.

Kepala Disbudpar PPU, Tita Deritayati mengatakan, kegiatan  yang dikemas dalam pertemuan tersebut  sebagai sarana jajak pendapat dengan PHRI terkait pengembangan usaha bidang jasa hotel dan restoran  dimana saat ini sangat menurun pendapatannya.

Kegiatan ini sengaja kami lakukan dalam rangka melibatkan peran pelaku jasa usaha Pariwisata karena kegiatan pembangunan kepariwisataan sebagaimana halnya pembangunan disektor lainnya, pada hakekatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yang  dimaksud  meliputi tiga pihak yaitu,  pemerintah, swasta dan masyarakat, dengan segenap peran dan fungsinya masing – masing,”terangnya.

Namun, tambahnya, yang jelas pemangku kepentingan tersebut tidak dapat berdiri sendiri, harus saling bersinergi melangkah bersama-sama untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang disepakati.

Menururtnya, dasar sinergi  tersebut diatur dalam undang undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan  pada pasal 1 ayat 4  juga menerangkan,  bahwa keseluruhan kegiatan yang terkait dengan pariwisata dan bersifat multi dimensi serta multi disiplin muncul sebagai wujud setiap orang dan Negara serta interaksi antar wisatawan setempat, sesama wisatawan, pemerintah daerah dan pengusaha.

Selain sosialisasi Gerak Sawit Buen, lanjut  Tita, dirinya  juga mengajak PHRI untuk ikut andil dalam kegiatan Pemerintah Daerah dalam waktu dekat ini,  yaitu Pesta Adat Belian Paser atau Nondoi, Pemilihan Duta Wisata, Pengibaran bendera 1000 M2 dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

“Kami berharap untuk mitra kita supaya bisa menyiapkan fasilitas mereka  guna kegiatan dimaksud, dengan budget terjangkau dan kami mempersilahkan kepada mitra  menyediakan paket wisata apa yang ditawarkan kepada wisatawan baik wisatawan nusantara maupun manca Negara,”pungkasnya.(er/nk/disbudpar/jul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.