DPRD PPU Minta Pemerintah Pusat Bantu Peningkatan SDM Lokal

PENAJAM (NK) – DPRD Penajam Paser Utara (PPU) meminta ada upaya serius Pemerintah Pusat dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal. Kepentingannya untuk meminimalisir ketimpangan sosial saat pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Wakil Ketua I DPRD PPU, Basuki Hartono menyebutkan hal itu terus menjadi atensi dari berbagai pihak. Terutama beberapa organisasi masyarakat yang ada di PPU.

“Pemerintah pusat harusnya telah memberikan perhatian khusus terhadap masyarakat lokal Penajam Paser Utara,” ujarnya, Jumat, (20/5/2022).

Tujuannya agar nanti tak ketinggalan jauh dengan para pendatang yang masuk dan tinggal di pusat negara yang baru dan daerah di sekitarnya. Meski begitu, ia meyakini bahwa Pemerintah Pusat tidak tinggal diam soal masukan masyarakat lokal ini.

“Yang jelas keinginan kita bahwa pemerintah pusat membantu percepatan pembangunan dan juga SDM. Untuk menghindari kesenjangan yang signifikan,” jelasnya.

Menurutnya, masyarakat lokal juga penting terlibat aktif dalam pembangunan IKN nantinya. Agar kearifan asli yang ada di wilayah tersebut juga tidak hilang sepenuhnya.

“Terkait peningkatan SDM, salah satunya itu yang kita ingin pemerintah pusat lakukan. Membantu ketertinggalan SDM kita dengan berbagai pelatihan dan kemudahan untuk terlibat,” tutup Hartono. (*/Advertorial/NK2)