DPT  Pemilu 2019 PPU Ditetapkan Berkurang Jadi 120.747

Suasana rapat pleno terbuka pencermatan DPT serta rapat pleno terbuka penetapan DPTHP Pemilu Tahun 2019 yang digelar di KPU PPU berlangsung hingga malam hari dan akhirnya DPT  alami perubahan

Karena Data Ganda  151 Pemilih Dihampus Dari DPT 

PENAJAM (NK) – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2019 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) awalnya telah ditetapkan mencapai 120.898 pemilih tersebar di empat kecamatan se PPU, namun setelah dilakukan perbaikan ditetapkan kembali menjadi 120.747 pemilih.

Demikian dikatakan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) PPU Divisi Program dan Data, Tono Sutrisno, saat memimpin rapat pleno terbuka pencermatan DPT serta rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilihan Umum Tahun 2019 di KPU PPU, Rabu malam (12/9/2018).

Pada kesempatan itu Tono menjelaskan, ada beberapa partai politik yang tidak menerima hasil penetapan sehingga muncul stagment oleh KPU, Bawaslu dan Kemendagri sehingga KPU membuat inisiatif untuk melakukan DPTHP.

“Kita ketahui bersama dalam pemberitaan di salah satu stasiun tv dikatakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bahwa jumlah DPT atau data ganda secara nasional mencapai 25 juta,”katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, maka kemudian KPU mengklarifikasikan kepada partai tersebut dan ternyata hanya ada 6 juta DPT ganda saja, sehingga menindaklanjutinya digelarlah rapat pleno DPTHP ini.

Di PPU sendiri tidak menerima pengaduan DPT ganda dari Parpol, tetapi kita tetap menggelar rapat pleno ini guna mencermati data dari Bawaslu. KPU akan mengumumkan jumlah DPT secara serentak setelah dilakukan pleno terbuka itu,”tukasnya.

Dibeberkannya, data dari Bawaslu di PPU terdapat data DPT ganda sejumlah 364 serta jumlah DPT yang belum cukup umur  sebanyak 163 pemilih, data ini kemudian dilakukan perbaikan dan penghapusan sehingga mengalami perubahan dari DPT awalnya sebanyak 120.898 menjadi 120.747 pemilih.

Dituturkannya, total DPT 120.747 dengan perincian yakni, jumlah pemilih laki-laki sejumlah 62.657  dan pemilih perempuan tersebesar di empat kecamatan se – PPU pada 54 desa dan kelurahan berada di 515 TPS.

“Sedangkan untuk jumlah potensi data ganda se PPU yang berhasil dicermati untuk pemilih laki-laki sebanyak 141 dan perempuan 223 total 364 pemilih kemudian dilakukan penghapusan data ganda yakni laki – laki 53 orang dan pemilih perempuan sejumlah 98 total yang dihapus menjadi 151 pemilih sehingga total DPT kita menjadi 120.747 setelah dilakukan pengurangan dari DPT awal,”pungkasnya.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.