Balikpapan

Drainase Tersumbat, Gunung Kawi Kebanjiran

Tumpukan sampah yang menutupi parit di Gunung Kawi, Balikpapan

BALIKPAPAN(NK) – Ketika hujan  turun di daerah Gunung kawi Kelurahan Karang Rejo tepatnya di RT.61 selalu dilanda banjir. Usut punya usut ternyata, drainase di kawasanitu tertutup oleh tumpukan sampah yang menyumbat jalannya air.

Penghargaan Adipura sebagai kota bersih pun dipertanyakan bila tak sesuai kenyataan. Terlebih didapati ada  sampah yang menumpuk di drainase tersebut dan mengakibatkan banjir di kawasan Gunung Kawi dan sekitarnya.

Camat Balikpapan Tengah, Budi Mulyatno meminta warganya menerapkan pola hidup sehat dengan tidak membuang sampah di saluran. Dirinya pun mengatakan tak akan segan untuk menindak warganya yang yang kedapatan membuang sambah secara sembarangan.

Masih banyak yang buang sampah sembarangan. Termasuk di TPS, warga ada warga yang membuang sampah di luar jadwal yang sudah ditentukan,”ungkap Budi dngan nada kesal.

Prilaku Masyrakat yang membuang sampah dengan cara di lempar ke TPS juga masih banyak di lakukan padahal ini dapat membuat sampah terhabur ddan keluar dari bak TPS yang sudah di sediakan sehingga masuk dan menyumbat aliran air di sekitarnya.

“Sejumlah warga membuangnya juga dilempar, yang otomatis bisa tercecer dari luar bak sampah,” ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan untuk mengatasi hal ini, Ia sudah mengusulkan untuk dilakukan pelebaran drainase dan pembuatan bozem di wilayahnya guna mencegah terjadinya banjir

“Kita usulkan pelebaran drainase dan bozem untuk mengatasi banjir ini,”pungkasnya.(teguh)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top