HEADLINE

Hadapi Pilkada, Kominda PPU Fokuskan Keamanan Wilayah

KOMINDA : Jalannya rapat koordinasi Kominda PPU  yang menfokuskan keamanan wilayah jelang pelaksanaan Pibup PPU dan Pilgub Kaltim bakal digelar serentak di kabupaten tersebut secara bersamaan pada tahun 2018 mendatang


PENAJAM (NK) –  Dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada), Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) beranggotakan unsur Badan Kesbangpol (Bakesbangpol)  PPU, Badan Intelijen Negara (BIN),  Kodim 0913/PPU, Polres PPU, Pos TNI – AL PPU dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) PP, Rabu (6/9/2017) kemarin di ruang Pusdalsis Bakesbangpol PPU menggelar rapat koordinasi dengan menfokuskan keamanan wilayah.

Pada kesempatan itu, Kepala Bakesbangpol PPU dalam arahnya mengatakan, kedepan tugas dan tatangan Kominda semakin berat karena berkaitan kondisi wilayah dimana dalam waktu dekat ini bakal dilaksanakan Pilkada Bupati –  Wabup PPU serta Pilkada Gubernur Kaltim, dimana kegiatannya digelar secara serentak dengan waktu sama.

“Dalam rapat ini agar dapat dirumuskan langkah konkrit penanganan permasalahan menjelang Pilkada baik berkaitan dengan keamanan dan ketertiban, agama, sosial, budaya, ekonomi dan politik,”tukasnya.

Senada dengannya Kasat Intelkam Polres PPU, AKP Juwadi selaku Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) Kominda PPU,  menuturkan, kegiatan  rakor kali ini,  dapat dijadikan sebagai ajang tukar menukar informasi dalam menunjang kegiatan deteksi dini (Deni) dan cegah dini (Ceni).

Dirinya berharap, agar setiap permasalahan yang dijadikan atensi dapat dilakukan evaluasi serta tindak lanjut penyelesaian, guna mencegah perluasan masalah dan keamanan dan ketertiban wilayah tetap terjaga.

Selain itu, lanjutnya, Satpol PP diminta agar lebih memaksimalkan peran aktifnya dalam mengawasi masuknya penduduk pendatang ke wilayah PPU dan perlu segara dilakukan operasi Yustisi terkait administrasi kependudukan setiap warga pendatang baru di PPU.

Terpisah Kasubbid PK  dan Wasnas Bakesbangpol PPU,  M.Yudhistira, kepada newskaltim  mengatakan, beberapa hal bahasan yang disampaikan dalam rapat tersebut selanjutnya akan disampaikan kepada Ketua Kominda PPU yakni Bupati PPU, H Yusran Aspar sehingga dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah serta Kominda sendiri.

“Hal yang telah dibahas  dalam rapat tersebut, telah dibuatkan notulen serta direkomendasikan  kepada bapak bupati yang juga selaku ketua Kominda PPU, sehingga diharapkan dapat segera ditindaklanjuti dalam penyelesaian,”pungkasnya.(iyan/nk)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top