Hamdam Dikukuhkan Ketuai PMI PPU  


PENAJAM (NK) – Ir. H. Hamdam dikukuhkan menjadi ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masa bakti 2019 – 2024 oleh Ketua PMI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Drs Sayid Irwan M.Hum, Selasa (19/03/2019) bertempat di aula lantai satu kantor Bupati PPU.

Kegiatan dihadiri, Sekda PPU, H. Tohar, Dandim 0913/PPU, Letkol Inf Mahmud, Kepala Pengadilan Negeri Kelas II PPU, Anteng Supriyo.SH, Bendahara PMI Kaltim, H. Nanang Sulaiman, Kepala Markas PMI Kaltim, Mesdiono, para pengurus baru PMI PPU, relawan PMI terdiri dari, Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Palang Merah Remaja (PMR) Se – PPU serta undangan lainnya.

Pengukuhan pengurus PMI PPU tersebut dilaksanakan dengan cara pengambilan sumpah janji dan berdasarkan  Surat Keputusan Pengurus PMI Provinsi Kaltim Nomor : 03 /IV. 04. 00/KEP /2019 tentang Pengesahan Pengurus PMI Kabupaten PPU masa bakti tahun 2019 – 2024, dengan susunan pengurus antara lain, Ketua, Ir H Hamdam, Wakil ketua, Ir H Ahmad Usman M.AP, Sekertaris,  Wahidin Alauddin SP. M.UPR dan  Bendahara,  Amsal Said A. Md.Kep.

Pada kesempatan itu, Hamdam yang juga Wabup PPU mengatakan, mengembang amanah sebagai Ketua PMI PPU adalah suatu kehormatan. Tidak hanya sebagai pribadi, namun juga sebagai mahluk ciptaan Allah SWT. Karena tugas utama PMI adalah kepedulian, siap mendarmabaktikan diri, jiwa dan raga untuk membantu meringankan beban orang lain.

Kami selaku pengurus PMI PPU bersama Pemkab, dunai usaha dan masyarakat akan bahu membahu dalam menyelenggarakan tugas kepalangmerahan, penanggulangan bencana dan pemberian bantuan kemanusiaan serta berpartisipasi aktif baik ditingkat kabupaten, provinsi hingga pusat,”ujarnya.

Selain itu, tambah Hamdam, PMI PPU mengharapkan juga dukungan dan bimbingan  pengurus PMI Kaltim dalam pelaksanaan tugas kepalangmerahan di daerah ini.

“Saya mengharapkan kekompokan semua komponen PMI yakni pengurus, pegawai markas, Unit Transfusi Darah (UTD) dan relawan. Mari kita sama – sama memikul amanah ini demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat adil dan makmur,”pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kaltim dalam sambutannya mengatakan, pelantikan PMI PPU sebagai momentum untuk menyampaikan bahwa kini telah ada Undang – Undang Nomor 1 tahun 2018 tentang PMI sebagai penguat kedudukan organisasi PMI, selain itu juga telah diterbitkan PP nomor 7 tahun 2019 tentang ke palang merahan sebagai petunjuk teknisnya.

Menurutnya, dengan terbitnya Undang – Undang dan PP itu,  tentu harus disekapi oleh PMI tidak terkecuali PMI PPU yang telah mendapatkan amanah dan tugas yang menantinya dalam melaksanakan tugas utama Kepalangmerahan.

“Sinergi antar pengurus PMI, pegawai markas dan UTD PMI harus dilakukan, sehingga kegiatan kepalangmerahan dapat berjalan sesuai harapan. Di PMI ada dua alat kelengkapan utama yakni, pertama Markas PMI dan kedua UTD yang semua harus dimaksimalkan,”katanya.

Selain itu, katanya, pengurus baru harus bisa memanfaatkan peluang tersebut namun dukungan dari pemerintah serta masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga roda organisasi dapat berjalan sesuai harapan.

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud dalam sambutannya yang dibacakan Sekda PPU, H. Tohar mengatakan, kemajuan suatu organisasi perlu didukung peran serta dari beberapa lapisan termasuk Pemerintah Daerah dan juga peran Pengurus itu sendiri untuk menciptakan kondisi yang baik dan efektif yang pada akhirnya memberikan kontribusi kepada yang membutuhkan.

Karena, jelasnya, peran PMI sendiri bukan hanya untuk masyarakat PPU saja tetapi pada orientasi yang lebih luas  atau lebih kepada yang membutuhkannya.

Diterangkannya, pelantikan ini merupakan momentum pengukuhan komitmen dan tekad Pengurus PMI untuk mendayagunakan segenap potensi yang dimiliki untuk didedikasikan dalam rangka mewujudkan visi, misi serta kebijakan, program dan kegiatan organisasi, terutama dalam menjalakan tugas – tugas kemanusiaan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya sangat berharap kepada Ketua dan jajaran Pengurus PMI PPU yang baru dilantik pada hari ini, dapat bergerak cepat untuk merancang berbagai program kerja untuk memastikan berjalan optimalnya peran – peran PMI di tengah masyarakat. Salah satu peran tersebut adalah bagaimana PMI PPU dapat memaksimalkan perannya untuk mampu menjalankan misi – misi kemanusian dan memerankan diri sebagai lembaga kemanusiaan yang selalu aktif dan peduli terhadap berbagai upaya penanganan masalah kemanusiaan,”pungkasnya.(nav/nk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.