Hampir Rampung, RS Pratama Sangat Dibutuhkan Warga Sepaku

Anggota DPRD PPU Dapil Sepaku Sariman

PENAJAM(NK) – Anggota DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Dapil Sepaku Sariman, mengapresiasi pembangunan Rumah Sakit Pratama tipe D di Desa Sukaraja Kecamatan Sepaku yang saat ini sudah hampir rampung pengerjaannya. Selasa, (5/12/2017).

Sariman mengatakan, warga Sepaku sangat membutuhkan Rumah sakit didaerah tersebut dikarenakan akses rujukan ke Penajam dan Kota Balikpapan sangat jauh dan memakan waktu lama. Diakuinya, Rumah Sakit Pratama yang memakan anggaran APBD sekitar  8,3 Miliar tersebut sudah mencapai 90 persen dan dirinya optimis tahun 2018 mendatang sudah dapat dioperasionalkan.

Kalau pembangunan tahap pertamanya itu 8,3 Miliar dan hampir selesai. Kalau bangunan full designnya menelan anggaran sekitar 26 miliar. Jadi kalau bangunan 8,3 Miliar ini selesai berarti pengerjaan sudah 30 persen dari full designnya,”jelasnya.

Dirinya berharap kedepan bangunan Rumah Sakit Pratama tersebut dapat dianggarkan lagi sekitar 8 miliar agar dapat mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat Sepaku yang selama ini jika sakit harus dirujuk ke RSUD Kota Balikpapan.

“Anggaran 8,3 Miliar itu hanya untuk bangunan fisiknya saja, bukan beserta isinya. Kalau isinya dan peralatannya dibiayai oleh APBN nanti,”ungkapnya.

Ditambahnya, setelah bangunan tersebut selesai 100 persen, Pemkab PPU akan melakukan persiapan pengadaan peralatan dan rekrutmen tenaga Rumah Sakit Pratama seperti Dokter yang rencananya dibutuhkan sebanyak empat dokter umum termasuk perawat serta bidannya.

“Kalau bisa dokternya diberdayakan untuk dokter yang berasal dari PPU, khususnya di Sepaku. Karena ada beberapa putra dan putri Sepaku yang menjalani profesi sebagai dokter diluar daerah dan itu harus diinventarisir pemerintah agar diberdayakan di PPU. Minimal menjadi PTT di Rumah Sakit Pratama,”harapnya.(kanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.