Hari Ketiga SBT 2019, AGM Kunjungi Jenebora


Bupati Serahkan Kartu BPJS PBI APBD Gratis

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara (PPU),  Abdul Gafur Mas’ud (AGM) dalam Safari Benuo Taka (SBT) 2019 hari ketiga mengunjungi masyarakat di  Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam, sekaligus menyerahkan kartu Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD PPU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Pada kesempatan itu, bupati didampingi sejumlah unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan sejumlah anggota DPRD PPU. Setelah  kunjungan pertama dan keduanya di wilayah Desa Bukit Subur dan Kelurahan Pantai Lango Kecamatan Penajam, pada pertemuan kunker ketiga kali ini rombongan AGM mengunjungi masyarakat Kelurahan Jebenora, Kecamatan Penajam guna mendegarkan aspirasi dan penyelarasan program pemerintah daerah selama lima tahun kedepan yang berlangsung di gedung pertemuan serba Kelurahan Jenebora, Selasa (19/02/2019).

Bupati AGM dalam pertemuan kepada para masyarakat menyampaikan kegiatan pada kunjungan kerja ini bagian dari wujud upaya pemerintah daerah bersama dengan jajaran OPD nya untuk mendengarkan secara lansung terkait persoalan ataupun aspirasi dimasyarakat yang berada di wilayah Jenebora.

Pertemuan ini bagian dalam penyampaian program kegiatan pemerintah baik yang sudah mulai terlaksana maupun yang akan masuk dalam bagian program kerja pemerintah daerah dalam visi misi menuju PPU yang maju modern dan relgius selama lima tahun mendatang,”ucapnya.

Ia menuturkan, kunjungan kerja ke Kelurahan Jenebora ini merupakan rangkaian kegiatan kunjungan kerja ke 54 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten PPU dengan tujuan untuk memastikan langsung permasalahan yang ada di masyarakat dan mengupayakan penyelesaiannya selain melalui laporan dari para jajaran OPD di unit kerjanya.

Dan, lanjutnya, melalui kunjungan ini pemerintah berharap beberapa persoalan dapat terselesaikan dan masuk dalam bagian program kegiatan yang telah di wujudkan dalam visi misi daerah khususnya yang saat ini sudah dapat terealisasi seperti layanan kesehatan  dan sarana pendidikan dan sejumlah inprastuktur yang akan menjadi pendukung pada tahun ini hingga tahun-tahun mendatang selama pemerintahan dirinya bersama H. Hamdam.

“Pada awal tahun ini, Alhamdulilah program utama seperti layanan kesehatan dan bantuan pendidikan untuk fasilitas seragam anak-anak sekolah dapat terealisasi dan menjadi pembuka terlaksannya program pemerintah daerah,”tuturnya.

Selain itu, tambah AGM, upaya lain yang masih dalam proses pelaksanaan termasuk dilakukannya penyerahan dan diterimanya kartu layanan kesehatan kepada perangkat kelurahan Jenebora yang kemudian diberikan kepada masyarakat sebagai wujud telah terlaksananya penanganan kesehatan yang dibiayai pemerintah daerah melalui program BPJS PBI APBD.

Ia  menyampaikan, skala prioritas kedepan dalam program kerja pemerintah daerah juga akan melaksanakan sejumlah perbaikan Infrastruktur seperti akses jalan Jenebora yang akan dilakukan perbaikan terlebih, yang selama  ini belum tersentuhnya perbaikan.

“Akses jalan darat masyarakat menuju Jenebora insy Allah pada tahun ini akan dimasukan dalam program pelaksanaan kegiatan Pemkab PPU,”tukasnya.

Bupati AGM memaparkan, Infrastruktur dalam penyampaian program kerja dan kegiatan yang dimaksud adalah pembangunan fisik, baik itu jalan maupun pembangunan sarana dan prasarana lain yang perlahan akan dilaksanakan termasuk upaya program PPU bersinar yang sebelumnya diluncurkan dalam upaya penerangan disejumlah jalan dan wilayah belum terdapat penerangan

“Sedangkan untuk pendidikan merupakan salah satu hal yang wajib akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain yang tertuang dalam visi misi dearah hal ini wajib dilaksanakan mengingat peruntukan alokasi khusus pendidikan sebesar 20 persen dari APBD itu wajib hukumnya, termasuk kesehatan,”tegas AGM.

Ia menekankan, tiga visi misi ini sesuai dengan amanat UU dan peraturan yang berlaku termasuk dalam Pancasila sila kelima yakni, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

“Kedepan program kerja dan kegiatan pemerintah daerah bersama jajaran OPD dapat berjalan dengan baik dan lancar terlebih dapat bersinergi secara bersama-sama baik  dengan masayarakat, jajaran unit kerja pelaksana dan pimpinan daerah sehingga harapan kita semua untuk perubahan PPU yang maju modern dan religius dapat terlaksana sesuai dengan harapan kita bersama.”tutupnya.(Hms13/Helena/nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.