Hari Lahir Pancasila, Kodim PPU Ikuti Upacara Virtual di Jakarta

PENAJAM (NK) –  Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor :  04 tahun 2021 tentang peringatan hari lahir Pancasila jatuh pada 1 Juni 2021, Kodim 0913/Penajam Paser Utara (PPU), menggelar upacara peringatan secara virtual dilaksanakan, Selasa (01/6/2021) di Aula Makodim dipimpin Kasdim 0913/PPU, Mayor Czi Jumani  diikuti para perwira dan perwakilan anggota staf Makodim.

Bertindak selaku inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo dan diikuti oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (POLRI), tenaga kesehatan dan pelajar bertempat di halaman Gedung Pancasila Kementrian Luar Negeri di Jakarta.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila dilaksanakan secara virtual di Kodim 0913/PPU

Dalam amanatnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, peringatan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengkokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan dalam bernegara.

“Yang harus kita waspadahi adalah meningkatnya refalitas dan kompetisi termasuk refalitas antar pandangan juga refalitas nilai-nilai dan refalitas antar idiologi, idiologi trans nasional cenderung semakin meningkat memasuki lini berbagai kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi,” tegas Presiden.

Ia mengatakan, Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tenologi yang berke – Indonesiaan.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum professional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” pintanya.

Diakhir sambutannya Presiden Joko Widodo mengucapkan, selamat memperingati hari lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Sementara itu Komandan Kodim 0913/PPU, Letkol Inf Dharmawan di tempat terpisah berpesan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten  PPU untuk mengibarkan bendera Merah Putih selama satu hari pada 1 Juni 2021.

“Saya pun meminta agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan atau aktivitas peringatan yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak atau massa pada suatu lokasi di situasi pandemik saat ini,” pungkasnya.(*/bah)