Hingga Kini UPT PU Berhasil Bangun Jalan Sepanjang 314 Km Lebih

Kegiatan UPT PU Kecamatan Sepaku, PPU berupa pembukaan jalan desa dan pertanian selama empat tahun berjalan sejak 2014 silam telah mampu membangun jalan sepanjang 314 Km lebih

Yusran : Saya Masih Belum Puas, Karena Kebijakan Anggaran

PENAJAM (NK) – Jelang empat tahun beroperasinya Unit Pelaksana Teknis Pekerjaan Umum (UPT PU) Kecamatan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) serta mendekati berakhirnya masa jabatan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar dan Wabup H. Mustaqim MZ dan jelang HUT 16 tahun kabupaten PPU berdiri,  UPT PU Kecamatan telah mampu membangun sepanjang 314 Km lebih jalan.

Untuk membangun Kabupaten PPU, kita tidak bisa menggunakan dengan cara cara lama, sehingga dibuatlah terobosan berupa pembentukan UPT PU Kecamatan untuk mengakomodir pembangunan dari desa ke perkotaan dan Alhamdulillah mampu membangun jalan sepanjang 314 Km lebih,”ujarnya.

Ia menegaskan, keberadaan dan keberhasilan UPT PU ini,  bukan masalah janji politik tetapi dilakukan untuk menyelesaikan persoalan pembangunan di desa karena membangun harus desa lebih dahulu baru ke perkotaan.

Sebenarnya saya masih belum puas, sebab adanya kebijakan anggaran saat ini teman teman di Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) masih agak terlalu berhitung banyak dengan UPT PU,  mestinya anggaran UPT PU diprioritaskan atau dikedepankan,”katanya.

Sejak berdiri  dan diresmikan pengopreasinya di tahun 2014 silam, lanjutnya, hingga saat ini telah berjalan empat tahun dan mendekati lima tahun masa jabatannya baru ada kenaikan kesejahteraan bagi  petugas UPT PU Kecamatan tersebut sebesar dua kali lipat.

Kenaikan kesejahteraan ini sebagai bentuk rangsangan agar mereka bisa lebih optimal melaksanakan fungsi dan tugasnya membangun daerah. Jadi tanpa disuruhpun mereka akan terpanggil bekerja maksimal.

“Mereka bertugas ada imbalan cukup memadai dan dihitung per paket pekerjaan, jadi semakin banyak paket tentunya makin banyak pula penghasilannya petugas UPT PU. Selain  itu, UPT PU  perlu dipenuhi kebutuhannya seperti ketersediaan bahan bakar alat berat serta materialnya,”tuturnya.

Kabag Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang mengakui hingga kini kinerja UPT PU terus mengalami peningkatan, sehingga dinilai berhasil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan insfrastruktu.

Dibeberkannya, dari data yang ada total pembangunan jalan         yang dilaksanakan empat UPT PU kecamatan mencapai  314 K  lebih, lalu pemeliharaan jalan sepanjang 328 Km lebih, kegiatan perbaikan atau penanganan jalan sepanjang  172,7 Km, peningkatan jalan mencpai 71,5 Km lebih.

“Selain itu UPT PU juga melakukan pekerjaan normalisasi, pemeliharaan parit atau drainase saluran air sepanjang            61,1 Km, pembuatan parit atau drainase saluran     mencapai 63,1 Km,  Land clearing disebut pematangan lahan mencapai          1,346,078 meter persegi serta melaksanakan Cut and fill sebluas 138,597 meter persegi,”pungkasnya.(ervan/nk)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.