Balikpapan

iBalikpapan Akan Segera di Launching

 

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Balikpapan Heri Misnoto


BALIKPAPAN(NK) –  Pemerintah Balikpapan siapkan penerapan aplikasi “digital library” atau perpustakaan digital “iBalikpapan” yang mempermudah masyarakat mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

Menurut rencana “iBalikpapan” akan dilounching bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI ke 72 tanggal 17 Agusrus tahun ini.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Balikpapan Heri Misnoto (senin 14/8) menyatakan, melalui pemanfaatan teknologi informasi, masyarakat Kota Balikpapan akan semakin cerdas karena dengan mudah mendapatkan berbagai pengetahuan melalui aplikasi `iBalikpapan”.

Kota ini sudah masuk kategori Smart City yang selayaknya memanfaatkan dunia digital lewat internet untuk akses informasi dan pendidikan. Perpustakaan dengan buku digital ini mudah dijangkau seiring perkembangan jaman, dimana pengguna internet sangat tinggi di kota Balikpapan,”ujarnya.

Ditambahkan Heri Misnoto, peminjaman buku digital memiliki banyak kelebihan diantaranya menghemat waktu dan tak perlu repot ke kantor perpustakaan. Cukup klik iBalikpapan di komputer atau di smart phone, sudah tersedia 2000 an buku disana.

“Untuk tahap awal kita siapkan 2000 an judul buku digital yang menarik untuk warga kota., diantaranya untuk kebutuhan pendidikan segala tingkatan hingga buku best seller,”ungkapnya.

Dibandingkan buku konvensional (buku cetak), buku digital memiliki banyak kelebihan.  Selama ini peminjaman buku  konvensional makin susut setiap tahun karena ada angggota perpustakaan tidak mengembalikan

“Kalau buku digital, dapat dipinjam selama 10 hari untuk 2 buku digital. Jika melewati masa 10 hari, system akan menghilangkan buku dari peminjam. Sehingga kita tak perlu  repot untuk mencari seperti  peminjaman pada buku konvensional,”ucapnya.

Heri berharap peluncuran buku digital lewat “iBalikpapan” dapat berperan  dalam mempermudah akses membaca dan mencerdaskan masyarakat kota Balikpapan.(Ros16)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top