Isran Noor : Pers Rekan Pemerintah Dalam Pembangunan

SAMARINDA (NK) –  Gubernur Kaltim H Isran Noor menghadiri Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Provinsi Kaltim periode 2020 -2025 yang berlangsung di Hotel Grand Kartika Bougenvil Room, Senin (9/11/2020) malam.

Pada acara tersebut Ketua Umum DPP AWPI, Hengki Ahmad Jazuli didamping Sekretaris Jendral Drs. Hendaryanto MM, melantik dan pengukuhkan jajaran Pengurus DPD AWPI Kaltim di bawah kepemimpinan Jiuhardi, selaku Ketua DPD AWPI kaltim.

Dalam kesempatan itu, Isran Noor mengatakan pers merupakan rekan pemerintah dalam pembangunan juga kontributor pembangunan dalam penyampaian informasi media, pers harus menjadi social control dan mengedepankan edukasi.

“Pers harus menjadi penyeimbang dalam memberikan informasi yang jelas, akurat dan akuntabel serta dapat dipercaya kebenarannya, sehingga pembaca untuk tercerahkan, semakin cerdas dalam mendapatkan informasi yang diperlukan,” ujar Isran.

Dirinya juga turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Jajaran Pengurus DPD AWPI Kaltim yang sebagian besar pengurusnya berasal dari putra daerah.

Sementara itu, Ketua Umum DPP AWPI Hengki Ahmad Jazuli, mengingatkan seluruh anggota AWPI Kaltim dalam setiap melaksanakan tugas dan pekerjaanya untuk berhati-hati dan selalu berpedoman pada kode Etik Jurnalistik dan Undang Undang PERS Nomor 40 tahun 1999.

“Untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi yang benar, wartawan memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme” jelasnya.

Senada Ketua DPD AWPI Kaltim Dr. Jiuhardi juga sangat berharap banyak pada organisasi ini, sebagai media penyimbang dan mitra pemerintah yang professional dan mengedepankan kode etik wartawan dalam setiap karya tulisnya.(on)