HEADLINE

Jelang Bulan Ramadhan Distanak PPU Tingkatkan Pengawasan

PENAJAM(NK). Mendekati bulan suci ramadhan konsumsi daging ternak oleh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pun meningkat, sehingga Dinas Peternakan (Distanak) PPU lebih meningkatakan pengawasan terhadap lalu lintas dan juga ternak yang ada di PPU.

Kabid Peternakan dan Kesehatan hewan Distanak PPU Arif Murdianto menjelaskan bahwa monitoring terhadap hewan ternak dan lalulintas hewan ternak sudah sering mereka lakukan, namun yang paling intens pada saat menjelang momen-momen tertentu yang terjadi peningkatan permintaan terhadap hasil ternak.

“Kita sering melakukan pengawasan terhadap hewan ternak dan lalulintasnya, tapi ketika ada momen-momen penting itu yang lebih kita intesifkan lagi,” Ujar Jelas Arif. Selasa (9/5/2017).

Lebih lanjut Arif memaparkan bahwa momen-momen penting seperti hari natal dan juga hari raya idul adha dan kegiatan besar lainya menjadi proritas pewasan hewan ternak agar tak tertular penyakit yang dapat membahayakan masyarakat.

“Kita lakukan pengawasan dari hulu sampai kehilir yang artinya mulai dari peternak sampai penjual hasil ternak kita awasi untuk kualitasnya,” Paparnya.

Saat ini untuk dinas peternakan juga sudah mengaktifkan Kesehatan Masyarakat dan Verteliner (Kesmavet) untuk memudahkan pengawasan terhadap kesehatan masyarakat pelaku usaha ternak dan sekaligus terhadap hewan ternaknya juga.

“Sudah ada dua orang tenaga kesmavet kita, nanti ini yang akan lebih intens bersama kami mengawasi kesehatan masyarakat dan juga ternak. Mulai dari hewan di peternakan samapi hasilnya,” Pungkas Arif. (red/teguh)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top