ADVERTORIAL - PARLEMENTARIABorneoDiskominfo PPU - Pemkab PPUHEADLINEKaltimPPU

Jelang Idul Adha, Pemda PPU Segera Salurkan 48 Hewan Kurban

PENAJAM (NK) – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijrah/2024 Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan menyalurkan sebanyak 48 hewan kurban kepada Masjid dan Pondok Pesantren (Ponpes) yang tersebar di empat kecamatan di PPU.

Perihal ini dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten PPU Daud usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) terkait kesiapan penyaluran hewan kurban pemerintah Kabupaten PPU, Jumat (14/6/2024) di kantor bupati PPU.

” Jumlah hewan kurban yang akan disalurkan pemda PPU tahun 2024 ini sebanyak 48 ekor sapi dan tiga ekor kambing,” kata Daud.

Ditambahkannya bahwa dari jumlah 48 ekor hewan kurban tersebut bersumber dari masing-masing 11 ekor sapi dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) yang peruntukannya telah ditentukan masing-masing disiapkan untuk tiga Ponpes dan empat Masjid di empat kecamatan.

Kemudian ada juga bantuan dari Mensesneg yang akan diberikan kepada tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat di PPU sebanyak enam ekor.

Kemudian lanjut Daud, hewan kurban ada juga bersumber dari Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) sebanyak tiga ekor sapi dan dua ekor kambing yang pendistribusiannya akan dilakukan di wilayah kerja PHKT di PPU.

Selain itu dari jumlah tersebut ada juga hewan kurban yang merupakan bantuan dari gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak enam ekor dan dari pemerintah Otorita Ibukota Nusantara (OIKN) sebanyak empat ekor dan selebihnya merupakan partisipasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemkab PPU.

” Jadi sesuai arahan bapak Pj bupati PPU bahwa ada 11 pesantren dan enam wilayah terdampak pembangunan bandara VVIP IKN di PPU ini harus dapat semua. Sisanya secara merata kita distribusikan ke masjid-masjid utama seperti masjid agung kabupaten dan kecamatan. Tentu jumlahnya juga berbeda. Yang pasti masjid induk di masing-masing kecamatan dapat semua,” terangnya.

Sementara terkait pendistribusian hewan kurban tersebut Daud mengatakan bahwa masih menunggu daftar yang final sesuai arahan Pj bupati PPU.

” Sebenarnya kami sudah siap untuk pendistribusiannya. Tinggal menunggu arahan dari bapak Pj bupati, karena dalam penyerahan ini akan ada penyerahan secara oleh bupati langsung,” tutupnya.

Kegiatan Rakor ini juga dihadiri PJ Bupati PPU Makmur Marbun melalui Zoom meeting karena sedang berada di luar PPU. Tampak hadir Kepala Kementerian Agama (Kemenag) PPU dan sejumlah pejabat terkait mainnya. (HumasPPU/Adv)