ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Jumlah Pasien Konfirmasi COVID-19 Sembuh di PPU Bertambah Enam

dr. Arnold Wayong

PENAJAM (NK)  – Jumlah pasien konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang dinyatakan sembuh bertambah enam orang berdasarkan hasil uji sampel swab di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Hal ini diungkapkan, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU, dr. Arnold Wayong kepada newskaltim.com, Rabu (9/9/2020) di Penajam.

“Kita bersyukur jumlah pasien konfirmasi positif yang dinyatakan sembuh kembali bertambah, sekarang ada  enam orang pasien yang sembuh berdasarkan informasi resmi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim kepada kami,” kata Arnold.

Dibeberkannya, adapun enam pasien sembuh tersebut, yakni PPU 39 perempuan usai 23 tahun tinggal di desa Gunung Intan, Kecamatan Babulu, lalu PPU 45, laki-laki (19) dan PPU 46 perempuan (32), alamat merupakan pasien dari klaster keluarga tinggal di desa Babulu Darat, kecamatan Babulu.

“Lalu pasien sembuh lainnya yaitu PPU 56  perempuan (29) tinggal di desa Bangun Mulya, kecamatan Waru dan PPU 61, perempuan (49) berdomisili di kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam, kedua pasien ini merupakan guru salah satu SMPN di Waru. Terakhir adalah PPU 6, perempuan (33) alamat tinggal kelurahan Waru, kecamatan. Waru, bekerja sebagai Tenaga Harian Lepas bertugas bagian Tata Usaha SMPN  di Waru,” tutur Arnold.

Untuk diketahui, tambah Arnold, enam pasien ini sebelum dinyatakan sembuh rata- rata harus menjalani perawatan di ruang isolasi di RSUD Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU karena ada menunjukan gejalan sementara sebagian kecil menjalani isolasi karantina mandiri di tempat masing-masing. Sebelum dipastikan sembuh mereka melakukan beberapa rangkai uji swab dan dikirim ke UPTD Labkesda Kaltim di Samarinda.

Selain enam pasien konfirmasi positif dinyatakan sembuh, lanjutnya, terdapat dua tambahan kasus konfirmasi positif hasil uji swab dengan kode PPU 91 seorang perempuan (55) tinggal di desa Sesulu, kecamatan Waru dan PPU 92 laki-laki (30) tinggal di Kelurahan Petung, kecamatan Penajam merupakan karyawan perusahaan tambang di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sehingga diisolasi di Wisma Atlit Tenggarong.

Pasien PPU 91 karena tanpa gejala, terangnya, maka melakukan isolasi mandiri, dirinya terpapar COVID-19 karena melakukan kontak erat  dengan PPU 74 merupakan suaminya yang kini di isolasi di perusahaan Thiees tempatnya berkerja di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), sedangkan PPU 92 belum kami ketahui riwayat penyakitnya.

“Dengan bertambah enam pasien sembuh dan dua pasien konfirmasi positif itu, maka kini jumlah kasus konfirmasi hari Rabu pagi ini total menjadi 92 kasus dengan perincian 48 pasien sembuh, 40 kasus Konfirmasi swab positif dalam perawatan dan empat kasus pasien positif meninggal. Sedangkan kasus suspek total sebanyak 888 orang, dimana 203 pasien diantaranya melakukan isolasi mendiri serta tujuh meninggal dengan komorbid. Sedangkan kasus probable total mencapai 190 kasus dan sebanyak 374 kasus discarded COVID-19,” pungkasnya. (nav/nk)

Berita Popular

To Top