Membanggakan, Kaltim Raih KIP Award Lagi

SAMARINDA (NK) – Untuk kesekian kalinya, Kaltim kembali menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi (KI) Pusat, melalui virtual zoom. Agenda tersebut turut disaksikan langsung oleh Wapres KH Ma’ruf Amin, di Istana Wapres RI, Rabu (25/11/2020).

Pemprov Kaltim menerima penghargaan kategori provinsi informatif bersama 10 provinsi lainnya. Di antaranya Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Banten, Bangka Belitung, DI Yogyakarta, dan Bali.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengatakan, pihaknya turut bangga dan mengapresiasi seluruh OPD di Ruhui Rahayu. Sebab, berkat kerja keras membangun daerah. Penghargaan KIP 2020 yang diraih pun harus jadi motivasi ke depan.

“Diraihnya Penghargaan tentu merupakan bukti keseriusan Pemprov Kaltim bekerja melayani masyarakat. Allhamdulillah kita bangga. Semoga di tahun depan prestasi ini semakin meningkat,” kata Hadi Mulyadi di Ruang Heart of Borneo (HOB) Kantor Gubernur Kaltim.

Ditegaskan, keterbukaan informasi publik ini penting agar masyarakat mengetahui apa yang sudah dikerjakan pemerintah. “Terima kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung pemerintah untuk terus menjalankan roda pemerintahan,” harapnya.

Menurut Wagub Kaltim, keterbukaan informasi publik ini penting agar masyarakat mengetahui apa yang sudah dikerjakan pemerintah. Keterbukaan informasi publik juga dijamin oleh undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, bahwa badan publik wajib menjamin keterbukaan publik untuk diketahui oleh masyarakat dalam menjalankan kerjanya.

Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik 2020 yang digelar Komisi Informasi Pusat, diberikan pada Badan Publik Kementerian, Lembaga Negara/Pemerintah Non Kementerian, Lembaga Non Struktural, pemerintah provinsi, BUMN, perguruan tinggi negeri dan partai politik.

Kategorinya, badan publik mana saja yang masuk klasifikasi informatif hingga badan publik diklasifikasi tidak informatif. Pada agenda yang dilakukan secara daring itu, turut hadir Plt Kadis Kominfo Kaltim H Diddy Rusdiansyah, Kabag Kehumasan Biro Humas Setprov Kaltim Andik Riyanto, dan Ketua Komisioner KI Pusat Gede Narayana. (Yun/Zan)