ADVERTORIAL - PARLEMENTARIADiskominfo PPU - Pemkab PPUIKN NUSANTARAPPU

Kampus Universitas Gunadarma Resmi Dibuka di PPU

Hamdam :  Penggerak Pembangunan SDM Unggul Serambi Nusantara

PENAJAM (NK) – Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Hamdam hadiri peresmian kampus Program Studi Di luar Kampus Utama Universitas Gunadarma (PSDKU UG) yang teretak di Jalan Negara, KM 4,5 Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, Sabtu (12/8/2023).

Peresmian kampus PSDKU UG ditandai dengan pemotongan pita oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset Teknologi Kemendibud, Nizam, disaksikan, Bupati PPU Hamdam, Rektor Universitas Gunadarma Margianti, Ketua DPRD Kabupaten PPU Syahrudin M. Noor  serta segenap kementerian dan lembaga.

Kampus N PSDKPU Universitas Gunadrama di PPU

Hamdam dalam kesempatannya menyampaikan atas nama pemerintah daerah dan masyatakat Kabuaten PPU menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas dedikasi dan hadirnya Universitas Gunadarma di Kabupaten PPU dalam kampus PSDKU, termasuk juga dalam gerakan nasional revolusi mental kepada para kepala sekolah dan peserta didik di wilayah PPU.

Bahkan, Ia juga mengucapkan terimakasih atas keterlibatan semua pihak baik pada kementerian dan lembaga sehingga kampus pertama yang wilayahnya sangat dekat dengan IKN Nusantara ini dapat terwujud sesuai harapan kita bersama.

“Terimaksih telah turut berkontribusi besar untuk penajam paser utara termasuk peran seluruh pihak yang terlibat hingga proses peresmian pada kampu PSDKU” Ucap Hamdam

Peresmian gedung pertama nusantara Universitas Gunadarma di PPU

Hadirnya Gunadarma ini, menerut Dia, merupakan suatu kebahagian sekaligus kebanggan sekali karena peresmian kampus ini adalah kado terindah bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menyongsong lahirnya SDM yang unggul, berdaya saing dan membawa kemajuan bagi daerah yang kini menjadi Serambinya Nusantara.

“Saya meyakini kedepan seiring berjalannya waktu kampus ini akan semakin berkembang dengan baik dan Kampus Gunadarma ini merupakan kampus pertama di wilayah terdekat dari IKN Nusantara dan menjadi roda penggerak pengembangan SDM unggul di Kabupaten PPU sebagai Serambinya Nusantara”. Ujarnya

Lebih lajut, Ia juga menerangkan selain Uiversitas Gunadarma terdapat beberapa universitas di luar kalimantan timur yang kita ajak untuk mengembangkan pedidikan di Kabupaten PPU karena tidak dapat dipungkiri hadirnya universitas di wilayah PPU membawa dampak perubahan yang siknifikan dari sisi pembangunan daerah manusia maupun pembangunan kuakitas sumber daya manusianya.

“Apalagi saat ini Pemda PPU sangat fokus dalam pembangunan dan pengembangan SDM seiring hadirnya IKN Nusantara diwilayah Kabupaten PPU. Karena kedepan kita tidak mau jadi penonton tetapi terlibat langsung dan berperan aktif sesuai kemampuan yang kita miliki bagi seluruh masyarakat yang ada sehingga inilah dasar kita menjadi Serambinya Nusantara”. Pungkasnya

Rektor Universitas Gunadarma Margianti mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih baik kepada kementerian dan lembaga serta pemeritah Kabupaten PPU, sehingga proses demi proses terlewati hingga kampus PSDKU Universitas Gunadarma dapat terselesaikan sesuai rencana dan harapan kita bersama dan diresmikan pada hari ini.

Ia menjelaskan pembukaan Kampus Nusantara Universitas Gunadarma ini merupakan kampus ke 14 program PSDKU dimana letaknya di wilayah Kabupaten PPU dan sangat dekat dengan IKN Nusantara.

Kampus PSDKU Universitas Gunadarma ini terdapat delapan program studi dengan bangunan 4 lantai sehingga ini memberikan pengalaman baru, semangat baru dan semoga membawa berkah untuk kita semua tak terkecuali bagi Kabupaten PPU.

Direktur Pelayanan Dasar OIKN, Suwito

“Hadirnya kampus pertama yang letaknya dekat dengan IKN ini semoga menjadi harapan baru kita dalam menyongsong SDM unggul yang berdaya saing seiring pembangunan IKN Nusantara. Terkhusus wilayah PPU yang menjadi serambinya nusantara,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebelum adanya kampus ini dan secara resmi dibuka tentunya melewati proses yang panjang dan melibatkan berbagai pihak sehingga dengan adanya keterlibatan berbagai pihak ini semakin menumbuh kembangkan semangat bersama-sama membangun SDM unggul di wilayah terdekat IKN Nusantara dan semangat mendorong majunya Serambi Nusantara.

Sementara itu, Direktur pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito menyampaikan, Kabupaten PPU  merupakan wilayah pendukung IKN dan diresmikannya Kampus UG di luar kampus utama ini maka harapannya dapat menghasilkan talenta muda yang nantinya dapat mengisi pembangunan di IKN, PPU dan Indonesia pada umumnya.

IKN, lanjutnya, memiliki visi sebagai kota dunia untuk semua yang dibangun dan dikelola dengan tiga tujuan, dua di antaranya adalah menjadi kota berkelanjutan dan sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. 

“Dalam mencapai kedua tujuan tersebut dibutuhkan SDM yang unggul, tentu keberadaan Kampus UG ini harapannya menjadi wadah untuk menciptakan generasi muda memiliki kualitas tinggi,” tegasnya. 

Terpisah Sekretaris OIKN Achmad Jaka Santos Adiwijaya mengakui, keberadaan Kampus PSDKU UG ini, tentu sangat diharapkan bagi masyarakat Kaltim dan juga masyarakat yang ada di IKN. Guna meningkatkan SDM mereka untuk memenuhi kebutuhan pembangunan IKN dan Indonesia.

“Awal sebelum UG masuk di PPU saya juga terlibat aktif selaku asesor melaksanakan asesmen atau penilaian dalam rencana pembangunan kampus ini yang sangat dekat dengan IKN dengan jaraknya lebih kurang hanya 40 kilometer saja,” pungkasnya.