Kapolres PPU Jadi Irup Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kodim 0913/PPU

Suasana upacara Hari Lahir Pancasila di Markas Kodim 0913/PPU


PENAJAM(NK) – Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka peringatan Hari lahir Pancasila ke-73 di Lapangan Upacara Makodim 0913/PPU dipimpin Inspektur Upacara Kapolres PPU AKBP Sabil Umar, dengan Komandan Upacara Lettu Inf Marthin Aluy. Jumat, (1/6/2018).

Pelaksanaan Upacara dalam rangka Peringatan Hari lahir Pancasila Ke-73 tahun yang jatuh pada 1 Juni 2018. Upacara diikuti oleh satu Peleton Gabungan Pamen Kodim 0913/PPU dan Polres PPU dipimpin Dandim 0913/PPU, satu Peleton Perwira Gabungan Kodim 0913/PPU dan Polres PPU, dua Peleton Kodim 0913/PPU, dan satu Peleton Polres PPU.

Dalam Pelaksanaan upacara tersebut, Kapolres PPU, AKBP Sabil Unar membacakan Amanat Presiden RI bahwa Sebentar lagi rakyat Indonesia akan merayakan HUT Kemerdekaan RI yang ke-73 tahun. Dijelaskannya, selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa, dan Pancasila sudah bertahan serta tumbuh ditengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

Lanjut Sabil, Pancasila sudah menjadi rumah bangsa yang berBhineka Tunggal Ika dan akan terus sepanjang jaman. Selain itu, Pancasila adalah berkah yang indah diberikan Allah SWT kepada bangsa Indonesia melalui pergulatan perenungan pemikiran dan kejernihan para Founding Fathers Indonesia. Menurutnya, Sebagai bangsa yang majemuk, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika.

Peringatan hari Lahir Pancasila disetiap tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat,momen pemacu dan momen aktualisasi nilai nilai Pancasila, Atas nama seluruh rakyat indonesia saya menyampaikan terimakasih dan penghargaan sebesar besarnya kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni Pancasila yang kita nikmati hingga saat ini,”ungkapnya.

Terpisah, Dandim 0913/PPU, Letkol Czi Dwi Imam Subagiyo, ST menyampaikan bahwa Pelaksanaan Upacara Pengibaran Bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila Ke-73 sebagai wujud Partisipasi setiap Warga Negara Indonesia karena dasar negara Indonesia.

“Dalam pelaksanaan upacara ini kami melibatkan gabungan TNI – POLRI antara Kodim 0913/PPU dan Polres PPU sebagai bentuk Sinergitas TNI – POlRI,”pungkasnya.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.