KemenPUPR RI Gelontorkan Rp3,5 M Untuk Sanitasi 10 Desa di PPU

Lalu Heri Gunawan

 

PENAJAM (NK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) RI melalui, telah menyiapkan anggaran dan akan menggelontorkan sebesar Rp3,5 miliar dalam program Sanitasi Pedesaan Padat Karya tahun 2019 untuk  10 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Program KemenPUPR yang dilaksanakan oleh Dirjen Cipta Karya KemenPUPR tersebut nantinya akan salurkan berupa dana bantuan sebesar Rp350 juta masing – masing desa dan ditargetkan minimal 50 kepala keluarga akan mendapatkan bantuan progam itu.

Anggaran sebesar Rp3,5 miliar tersebut merupakan anggaran program dan lebih difokuskan untuk sanitasi di desa,”ujar Kepala Satker Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan, Dirjen Cipta Karya KemenPUPR, Lalu Heri Gunawan, usai melaksanakan sosialisasi di kantor bupati, Rabu (22/1/2019).

Menurutnya, program ini guna meningkatkan sanitasi di desa yang mana selama ini masih buruk. Dan di PPU sendiri pihaknya telah menunjuk 10 desa di Kecamatan Babulu dan Kecamatan Sepaku. Adapun jenis pekerjaan yakni memperbaiki infrastruktur penanganan air limbah seperti kamar mandi dan WC.

“Kami targetkan pertengahan Juni sudah selesai program ini. Dan ini merupakan program bersifat padat karya sehingga nanti akan melibatkan masyarakat desa mengerjakannya,”tukasnya.

Untuk diketahui, tambahnya, program ini bukan pertama di PPU, sebab program serupa telah dilakukan pada tahun 2018, dimana PPU selain mendapatkan bantuan pembangunan sanitasi di kelurahan Penajam juga mendapat bantuan untuk TPA Buluminung dan tidak lama lagi segera diresmikan.(nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.