HEADLINE

Kodam VI/Mlw Telah Buat Kajian Pemindahan IKN ke Kaltim

Pangdam : Yang Jelas Akan Dibentuk Satu Kodam di Kukar

PENAJAM (NK) – Komando Daerah Militer (Kodam) VI/ Mulawarman (Mlw) dalam  menyambut kepindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegera (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Panglima Kodam (Pangdam) VI/ Mlw, Mayjen TNI Subiyanto, kepada awak media, disela – sela kegiatan serbuan teritorial di PPU, Selasa (24/9/2019) menyatakan, telah membuat kajian untuk diaplikasikan secara teknis nantinya guna menyambut pemindahaan IKN.

“Yang jelas, nanti akan dibentuk Kodam lagi untuk di ibu kota, dan  dibentuk Kodam di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara) kemungkinan,”katanya.

Menurutnya, dengan dibentuknya Kodam tersebut pastinya dibarengi dengan penambahan jumlah personel sesuai dengan kebutuhan kodam itu nantinya.

Ia mencontohkan, seperti di Jakarta namanya Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk satu desa bisa tiga hingga empat orang prajurit TNI – AD, kalau di Kaltim kan baru satu desa satu orang, namun dengan kepadatan penduduk tentu ditambah jumlah personilnya.

Terkait dengan status tanah yang kelak dijadikan sebagai lokasi IKN di daerah Sepaku, diakuinya, hingga kini malah dirinya belum memonitornya, tetapi secara administrasi yang mengetahui adalah pemerintah daerah semoga aman.

“Saya telah berkoordinasi dan menyampaikan kepada rekan – rekan dari Polri dan pemerintah daerah, terkait IKN ini saya pasti siap untuk menerima kunjungan – kunjungan dan  menyiapkan tempat yang dikunjungi terutama di bidang keamanannya,”pungkas Pangdam. (nav/nk)

Berita Popular

To Top