ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Komisi IV DPR RI Serahkan 25 Unit Alsintan ke Petani PPU

Alsintan bantuan DPR RI

Berharap kedepan para petani dapat meningkatkan produksi

PENAJAM (NK) – Anggota Komisi IV DPR RI membidangi Pertanian, Kelautan, Perikanan, Kehutanan, Lingkungan Hidup dan Bulog dari mewakili Fraksi Gerindra, Budi Satria Jiwandono melalui tenaga ahlinya, Aldi Laria Natasya, Kamis (17/9/2020) di Balai Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menyerahkan 25 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada petani di Kabupaten PPU.

Dalam kegiatan itu, hadir pula Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten PPU, Sunardi, Anggota DPRD PPU Sujiati, sejumlah petani PPU penerima alsintan antara lain, dua unit jonder, kombain hands straiser dua   unit, hand tractor tujuh unit, power treiser perontok padi, hends piyer dan  prens penter alat penanam padi.

Pada kesempatan itu, Aldi Laria Natasya menyampaikan, Budi Satria Jiwandono selakku anggota DPR RI Fraksi Gerindra sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kaltim, telah menyalurkan sedikitnya 25 Alsintan yang merupakan alat pra panen maupun pasca panen, penyerahan berlangsung dilakukan pada hari ini.

“Bantuan bantuan tersebut setiap tahunnya digulirkan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir oleh pak Budi Satria Jiwandono, dan kini jumlahnya sebanyak kurang lebih 1.000 unit di seluruh Kaltim, kalau di Kabupaten PPU sudah lebih dari 100 unit. Dimana ini merupakan mana aspirasinya.

Untuk diketahui, lanjutnya, Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dapil Kaltim berharap kedepan para petani yang telah mendapat alat pertanian dapat terbantu meningkatkan hasil produksi mereka dan dapat membantu aktifitas pertanian guna meringankan beban serta dapat meningkatkan produksi hasil panen bagi kelompok-kelompok tani yang ada di Kabupaten PPU.

Apalagi lanjutnya, mengingat pada 2019 lalu Kabupaten PPU melalui keputusan Presiden telah ditetapkan sebagai calon ibukota negara (IKN), tentunya ini dapat menjadi perhatian lebih kabupaten PPU untuk program-program pertanian dan lainnya, dalam rangka menyiapkan ketersediaan pangan  IKN maupun menyambut visi dari Gubernur Kaltim terkait dengan Kaltim berdaulat secara ekonomi dan berdaulat secara pangan.

“Bapak Budi Satria Jiwandono menjabat sebagai merupakan Wakil Komisi 4 DPR RI, membidangi pertanian kelautan perikanan, kehutanan, lingkungan hidup dan bulog, bantuan yang disalurkan merupakan aspirasi langsung dari Pak Budi yang disampaikan oleh Kelompok-kelompok Tani.  Dimana penyalurananya dilaksanakan secara terseleksi dari aspirasi maupun rumah aspirasi baik secara langsung ke Pak Budi maupun melalui DPRD Kabupaten serta melalui hasil verifikasi dari Dinas Pertanian Kabupaten PPU,”pungkas Aldi Laria Natasya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten PPU Sunardi, menambahkan,  pihaknya mewakili Pemkab PPU menyampaikan ucapan terimakasih atas diaplikasikan dan disalurkannya bantuan Alsintan yang merupakan alat-alat pra tanam dan pasca panen dari DPR RI,   merupakan bantuan berdasarkan aspirasi dari Fraksi Gerindra Pusat.

“Dan melalui pad Budi Satria Jiwandono yang sudah hampir lima tahun bekerjasama dengan Dinas Pertnaian Kabupaten PPU untuk membantu petani di wilayah kita dalam hal pemenuhan Alsintan. Dengan demikian kita sangat berharap bantuan tersebut membawa manfaat yang besar bagi para petani. Kami juga memohon kepada Tenaga Ahli dari Pak Budi agar menyampaikan kelanjutan kerjasama ini kepada pak Budi demi menyukseskan lumbung pangan di Kabupaten PPU,” tutup Sunardi. (hms8/nk/nav)

Berita Popular

To Top