HEADLINE

KPU PPU Gelar Kelas Politik di SMKN 2 PPU

Suasana kelas pemilu di SMKN 2 PPU yang digelar oleh KPU PPU

PENAJAM(NK) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan kelas pemilu di SMKN 2 Penajam guna mensosialisasi pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) kepada pemilih pemula. Hal tersebut diutarakan Ketua KPU PPU, Feri Mei Effendi di sela-sela kegiatan. Selasa, (25/7/2017).

Feri mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari rangkaian tahapan pemilu serta bentuk sosialisasi terkait materi tentang pemilu guna memberikan pemahaman terkait kepemiluan. Diterangkannya, sosialisasi yang dilakukan KPU saat ini dilakukan secara langsung kepada para pemilih pemula yang berstatus pelajar.

“Kini kami gelar di SMKN 2 Penajam, sementara kegiatan serupa juga bakal segera di gelar di sekolah lainnya di wilayah PPU,”ujarnya.

Lanjut Feri, target kelas pemilu ini merupakan pemilih pemula sehingga pesertannya dari kalangan siswa dan siswi di sekolah tersebut, dengan harapan pemilih ini memahami bagaimana cara menggunakan haknya sebagai pemilih kedepannya.

Materi yang kami berikan semua terkait dengan aturan dan UU tentang Pemilu, termasuk juga kami gelar simulasi pencoblosan yang diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali,”ucap Feri.

Diungkapkannya, seluruh devisi di KPU PPU menyampaikan materinya termasuk juga proses tahapan pemilu hingga penetapan pasangan calon terpilih, sehingga peserta kelas politik ini dapat mengetahuinya. Selain itu, terkait dengan tahapan pemilihan kepala daerah PPU, Feri membeberkan bahwa akan dijadwalkan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati tersebut pada 8 sampai 10 Januari 2018 mendatang,

“Itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelengaraan Pemilihan gubernur, bupati dan walikota,”pungkasnya.

Ditambah Feri, Pilkada PPU anggarannya bersumber dari APBD PPU, dan yang telah disetujui oleh Pemkab PPU sekitar Rp26,5 miliar dengan dua tahap panyaluran.

“Tahapan pertama pada tahun 2017  dan tahapan kedua pada tahun 2018 mendatang,”ungkapnya.(kanda)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top