Laskar Banjar Dalas Hangit Kaltim Siap Mengawal Pembangunan IKN Nusantara

BALIKPAPAN (NK) – Ditetapkannya Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara disambut penuh rasa syukur masyarakat Kalimantan.

Panglima Wilayah Laskar Banjar Dalas Hangit (LBDH) Kalimantan Timur H. Arthur Rahman menerangkan berkaitan konsistensi dan kesiapan Organisasi LBDH dalam mengawal pembangunan IKN Nusantara.

“Adanya IKN khususnya di Kaltim, di daerah Sepaku kita berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menunjuk Ibu Kota Negara yang berada di Kaltim. Kami sebagai putra daerah asli orang Kalimantan, asli kami dari Kalsel Banjarmasin mendukung penuh kebijakan-kebijakan pemerintah baik Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat,” terangnya pada Minggu (4/12/2022)

Kemudian, Upaya Kami LBDH akan mempersiapkan SDM-SDM unggul agar bisa bekerja sama dengan Pemerintah. Jangan sampai kami sebagai putra daerah asli orang Kalimantan hanya jadi penonton. Silahkan orang-orang dari luar sana bekerja tapi kami juga jangan dilupakan untuk bisa dipekerjakan. Bagi kami siapapun yang mau bekerja di sini silakan yang penting selalu menjaga kedamaian untuk Kaltim. Kami siap untuk bekerja di IKN, karena dari kami banyak juga SDM yang mempunyai skill.

“Mudah-mudahan nanti pihak Pemerintah bisa melihat kami ke depannya seperti apa, kami siap bekerja sama dengan siapapun,” ungkapnya.

Selain itu, Kami LBDH juga siap dipekerjakan di manapun, mau itu non skill ataupun yang skill intinya kami bisa bekerja sama dengan Pemerintah dengan baik dan kami selalu mendukung apapun kebijakan-kebijakan Pemerintah, kami selalu support semuanya. Tidak mungkin kami sebagai orang asli putra daerah akan menghalangi untuk kepentingan Pemerintah dan untuk kepentingan kita. Sebagai putra daerah walaupun ada suku lain tidak masalah yang penting kita selalu menjaga ketertiban dan ketentraman untuk di Kaltim.

“Kami ingin memunculkan budaya-budaya kami khusunya dengan kesenian-kesenian Banjar atau kesenian Kuntau, Kami selama ini di Kalsel khususnya bubuhan Banjar banyak kesenian-kesenian kami yang pudar. Mudah-mudahan dengan adanya IKN Pemerintahan setempat ataupun Provinsi bisa mensupport kami agar dapat muncul kembali kebudayaan-kebudayaan kami yang selama ini dinilai sudah hilang,” ujarnya.

Dengan adanya IKN, kami putra daerah asli Kalimantan yakin akan bisa menambah pemasukan walaupun tidak banyak tapi setidaknya bisa bertahan hidup. Adanya IKN akan banyak tenaga kerja yang datang, pembangunan banyak, sehingga jika anggota-anggota kita dapat bekerja di sini, tentunya bisa menghidupi anak istri.

“Adanya IKN kami terima kasih kepada Pemerintah setempat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat khususnya Pak Jokowi. Laskar Banjar Dalas Hangit yang merupakan Ormas yang sudah Nasional dan ada di mana-mana membawa nama suku Banjar dan Alhamdulillah kita dipercaya oleh Pemerintahan setempat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintahan Pusat. Kami sangat mendukung adanya IKN, khususnya Balikpapan sebagai wikayah penyangga IKN. Sebagai tuan rumah kami selalu mensupport Pemerintahan,” ucapnya.

Pria yang kerap disapa Arthur Landak menambahkan, Sebagai Panglima Laskar Banjar Dalas Hangit Wilayah Kaltim, Kami selalu mendukung dan akan mengawal pembangunan IKN, siapapun yang akan mengganggu IKN kami putra daerah siap membantu TNI Polri, dan Pemerintah. Kami tidak mau pembangunan IKN dihalangi oleh orang-orang luar yang tidak bertanggung jawab, karena kami orang asli Kalimantan walaupun bermacam-macam suku kami di sini menjaga keutuhan NKRI.

“Siapapun orang luar yang berani mengganggu IKN, kami siap pasang badan menghadapi dan akan bekerjasama dengan TNI dan Polri dengan baik,” pungkas Arthur. (Bah/NK)