HEADLINE

Macab LMP Mahulu Bergerak Cepat Antisipasi Corona

Ketua Umum Macab LMP Kabupaten Mahalu, Hendrikus Keling SE saat distribusikan bantuan antispasi corona

Datangkan Sprayer dan Desinfektan dari Samarinda

UJOH BILANG (NK) – Markas Cabang (Macab) Laskar Merah Putih (LMP) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, bergerak cepat membantu instansi kesehatan pada sejumlah kecamatan di Mahulu, dalam kaitan mengantisipasi kesehatan masyarakat menghadapi merebaknya wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di dunia saat ini.

Ketua Umum Macab LMP Kabupaten Mahalu, Hendrikus Keling SE

Ketua Umum Macab LMP Kabupaten Mahakam Ulu, Hendrikus Keling SE menjelaskan, untuk mengantisipasi wabah mematikan itu, LMP Mahulu melakukan penyemperotan desinfektan ke sejumlah rumah penduduk, utama adalah bangunan umum fasilitas kemasyarakatan.

“Dalam sepekan terakhir sudah dilakukan bersama Dinas kesehatan. Menyemperotkan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum dibeberapa tempat di Mahulu, dan akan berlanjut terus,” terangnya kepada newskaltim.com, Selasa (24/3/2020) melalui sambungan telepon.

Hendrikus Keling yang juga merupakan Ketua Komisi III DPRD Mahulu itu menambahkan, Macab LMP Mahulu telah berupaya mendatangkan alat semprotan dari Kota Samarinda untuk menambah alat yang sudah ada. Karena LMP Mahulu akan melakukan kembali penyemperotan pada 5 kecamatan se-Mahulu.

Hendrikus Keling saat berada di toko penjualan alat semprotan guna membantu pencegahan COVID-19 di Mahulu

“Dalam perjalanan dari Kota Samarinda ke Mahulu, sebanyak 24 sprayer (alat semprotan) dan dua doz bahan cair anti kuman. Hari Rabu 25 Maret 2020 (hari ini, Red,.-) akan tiba di Mahulu,” katanya.

Dia juga mengatakan, kendala terbesar sat ini di Mahulu terjadi kelangkaan desinfektan atau antiseptik untuk pembunuh kuman.

“Tapi tidak masalah, bahan cair anti kuman sudah kami dapatkan di Samarinda untuk dikirim ke Mahulu,” ucapnya.

Keling mengungkapkan, Macab LMP Mahulu akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Tim Gerak Cepat Mahulu, untuk melakukan penyemperotan desinfektan dalam pekan ini di beberapa kecamatan di Mahulu.

“Akan disemprot desinfektan pada sejumlah kampung di 5 kecamatan se-Mahulu yang memang belum dilakukan oleh PKM disana. LMP berinsiatif bergerak membantu masyarakat dalam mengantisipasi merebaknya Covid-19,” urainya.

Hendrikus Keling sebagai Ketua Umum Markas Cabang Laskar Merah Putih Mahakam Ulu mengimbau masyarakat se-Mahulu, agar terus menjaga kebersihan diri.

Diharapkan masyarakat mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand-sanitizer, menghindari menyentuh mata hidung dan mulut, serta menghindari kontak dengan penderita demam dan batuk.

“Bagi yang sedang mengalami batuk serta bersin dianjurkan untuk selalu mengenakan masker, segera mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat dengan menjelaskan rekam jejak serta riwayat perjalanan kepada petugas kesehatan. Mohon tetap tenang, serta tidak panik dalam menghadapi mewabahnya Coronavirus,” pungkasnya. (ran/nk)

Berita Popular

To Top