Edukasi

Mendikbud: LKS Dihapus, Sabtu-Minggu Sekolah Libur

JAKARTA (NK) – Banyak cara dan gebrakan yang acapkali dilakukan oleh para menteri di era presiden Joko Widodo, tak terkecuali dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy yang belum lama dilantik menggantikan Anies Baswedan, mengeluarkan kebijakan cukup mengejutkan.

Yakni akan mengembalikan libur Sabtu dan Minggu, Muhadjir juga akan menghapuskan Lembar Kerja Siswa, LKS. Menurutnya, LKS membebani para siswa, namun tidak memberikan nilai tambah.

“Karena setiap murid memiliki kemampuan berkembang sendiri-sendiri, itu tidak bisa disamaratakan dengan LKS. Sebagai gantinya hari Sabtu-Minggu akan menjadi hari keluarga,” ujar Muhadjir, Senin, (7/11/2016).

Muhadjir mengatakan nantinya pembelajaran di sekolah akan menggunakan sistem Cara Belajar Siswa Aktif, CBSA. Sistem ini akan memaksimalkan potensi pada siswa dan mengurangi cara mengajar guru yang lebih banyak ceramah.

“Guru sekarang itu terlalu menikmati cara mengajar dengan metode ceramah. Padahal banyak metode lain yang bisa dipakai,” ujar Muhadjir. (Taufik)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top