ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Menengok Tuan Rumah MTQ ke-39 Tingkat Kaltim (Bagian 1)

Bupati Sempat Was-Was Sebelum Acara Pembukaan Dimulai

Catatan : Subur Priono

(Humas Sekretariat Kabupaten PPU)

 

Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) baru saja selesai. Berbagai suka dan duka telah dirasakan mulai sejak persiapan bangunan fisik, pelaksanaan pembukaan, berlangsungnya kegiatan hingga pelaksanaan kegiatan penutupan MTQ yang seluruh rangkaian kegiatannya dipusatkan di Kompleks Masjid Agung dan Islamic Center Kilometer 09 Nipah-nipah.

 

 

Diusianya yang tergolong masih sangat muda di Kalimantan Timur (Kaltim), Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dapat dikatakan masih minim dengan berbagai fasilitas yang tersedia untuk sebuah hazatan besar setingkat Kaltim. Namun berkat keseriusan dan kecekatan daerah untuk melaksanakan sebuah tugas mulia ini, pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kaltim di Kabupaten PPU dapat terlaksana dengan sukses.

Sejak ditetapkannya Kabupaten PPU sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Kaltim di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada MTQ ke 38, 2016 lalu, Bupati PPU Yusran Aspar baik secara langsung maupun melalui bawahannya selalu menyampaikan  bagaimana pelaksanaan MTQ ke 39 di daerahnya kelak dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Sejak saat itu persiapanpun mulai dikerjakan. Salah satunya yang menjadi fokus pembangunan untuk terlaksananya kegiatan MTQ ini adalah penyelesaian proses pembangunan Masjid Agung Al-Ikhlas yang berada di Kilometer 09 Nipah-nipah. Karena sejak awal, memang direncanakan Masjid kebanggaan seluruh masyarakat PPU ini bakal menjadi pusat dilaksanakan hazatan besar tingkat Kaltim itu.

Dari bulan-ke bulan, pembangunan Masjid Agung dan kompleks Islamic Center ini pun terus dikerjakan. Bahkan dalam waktu akhir-akhir penyelesaian persiapan kegiatan MTQ ini, setiap saat  Bupati Yusran Aspar selalu mondar-mandir dilokasi ini untuk mengawasi langsung proses persiapan yang dikerjakan. Ketika ditemui hal-hal yang kurang pas, bahkan orang nomor satu di Tanah Benuo Taka ini langsung menegur dan memberikan arahan kepada bawahannya hingga proses persiapan rampung.

Waktu yang dinanti-nanti akhirnya datang juga. Berbagai persiapan telah selesai dikerjakan. Hari yang ditunggu-tunggu selama  hampir setahunpun akhirnya tiba. Malam pembukaan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim di Kabupaten PPU dilaksanakan secara meriah. Kegiatan keagamaan yang pelaksanaan berlangsung mulai 13 -21 Mei 2017 dibuka langsung oleh Sekretaris Provinsi Kaltim yang ditunjuk mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Ketika pada gilirannya Bupati PPU Yusran Aspar menyampaikan sambutan, dirinya mengatakan sangat bersyukur pembukaan MTQ ke-39 Tingkat Provinsi Kaltim tersebut dapat terlaksana dengan baik. Itu semua kata dia terlaksana berkat dukungan dan kerja sama seluruh  panitia dan tentunya seluruh masyarakat Kabupaten PPU. Walaupun secara jujur kata dia, sebelumnya dirinya juga merasa was-was sebelum dibukanya MTQ ke-39 tersebut secara resmi.

“Pada mulanya kami juga sempat merasa was-was dan kawatir jika pelaksanaan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Kaltim di PPU ini tidak terlaksana dengan baik. Namun kita patut bersyukur, semua itu terjawab sudah. Atas izin dan kehendak Allah SWT, pelaksanaan MTQ ke-39 ini dapat terlaksana dengan baik, “kata Bupati PPU, Yusran Aspar saat menyampaikan sambutan disela-sela pembukaan MTQ ke-39 ini beberapa waktu lalu. ( Bersambung…)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Popular

To Top