MTQ Ke-39 Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Resmi Dibuka   

Gubernur Sampaikan Ucapan Terimakasih Kepada PPU Sebagai Tuan Rumah

PENAJAM, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 39 tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim ) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) secara resmi dibuka oleh Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Rusmadi yang mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Senin malam, (15/5) di Kompleks Masjid Agung Al-Ihklas kilometer 09 Nipah-nipah.

Dalam sambutan tertulisnya Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak yang dibacakan oleh Rusmadi mengatakan bahwa penyelenggaraan MTQ kali ini berada dalam suasana yang penuh berkah yaitu pada 18 sa’ban dan dalam waktu dekat memasuki bulan suci Ramadhan yaitu bulan dimana telah diturunkannya kitab suci Alquran oleh Allah SWT melalui Malaikat Zibril kepada Rasulullah Muhammad SAW.

Selain itu kata Rusmadi, penyelenggaraan MTQ ke-39 di Kabupaten PPU menjadi sangat istimewa dan bersejarah, karena ini merupakan pertama kalinya Kabupaten Mahulu ikut sebagai peserta MTQ ke 39 yang sebelumnya pada 2016 mereka masih bergabung bersama dengan Kabupaten Kutai Barat.

“Mereka pasti akan mengenang pelaksanaan MTQ ke 39 di Kabupaten PPU ini yang tercatat sebagai tempat penyelenggaraan pertama mereka sejak dimekarkan sebagai Kabupaten Mahulu, “Kata Rusmadi.

Lebih jauh kata Rusmadi, alquran adalah firman Allah yang agung, barang siapa membaca dan mengamalkannya akan mendapatkan pahala dan kemuliaan. Agama Islam dan kitab suci Alquran adalah rahmatan lil alamin pembawa rahmat dan berkah bagi seluruh umat manusia.

Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT sebagai jalan dan dihadirkan dalam kehidupan manusia untuk keluar dari kegelapan menuju kemajuan penuh hikmah. Dalam Al-Quran tercantum pesan ilahi untuk menyatukan umat dari perpecahan.

Salah satu upaya untuk mendalami arti, makna, kandungan dan keindahan Al Qur’an sekaligus meningkatkan ketaqwaan manusia kepada Allah SWT adalah penyelenggaraan MusabaqahTilawatil Quran, kegiatan ini telah menjadi tradisi yang diselenggarakan mulai dari tingkat Kelurahan hingga tingkat Nasional.

“Oleh karena itu, ajaran kitab suci Alquran sebagai pedoman menuntut ilmu, agar sifat dan prilaku kita benar-benar mencerminkan nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Semoga dengan pengamalan Alquran, kita dalam berkah dan kesantunan dalam kekerabatan persatuan dan kesatuan yang kokoh, damai dan sejahtera,  “terang Rusmadi.

Sehubungan dengan pelaksanaan MTQ di Kabupaten PPU khususnya kepada Bupati PPU, Yusran Aspar, Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ, dan seluruh masyarakat PPU yang ada, Rusmadi mengatakan bahwa Gubernur Kaltim mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya dan penghargaan yang besar kepada PPU  karena telah mampu menunjukkan kesiapan yang matang sebagai tuan rumah atau daerah penyelenggara kegiatan MTQ ke-39 tersebut

“Kami sampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kabupaten PPU  khususnya kepada Bupati PPU Yusran Aspar, Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ dan seluruh masyarakat PPU, bahwa sebagai tuan ruma pelaksanaan MTQ ke 39 ini, PPU telah mampu menunjukkkan kesiapan yang sangat baik atas terlaksananya kegiatan, “ungkapnya.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai vestival tarian dan pagelaran drama relizi dengan tema singa padang pasir.

Tanpak hadir juga dalam kegiatan ini, DPR RI, Kasriyah, WalIkota Samarinda, Syari Jaang, , Bupati Paser, Yusriansyah Sarkawi, Bupati Kutai Timur, Ismunandar, Kepala Kementerian Agama Provinsi Kaltim Syaifi, Kapolres PPU, dan sejumlah pejabat dilingkungan PPU. (Humas6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.