Muliadi Dilantik Sebagai Ketua GPMB Kabupaten PPU

PENAJAM (NK) – Plt. Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Muliadi, dilantik sebagai Ketua Pengurus Daerah Gerakan Peningkatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten PPU dengan Periode 2021-2024 oleh Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) H. Syafruddin Pernyata secara virtual. Jumat (9/4/2021) di Aula Lt. 1 Kantor Bupati PPU.

Dalam sambutannya Syafruddin Pernyata mengatakan bahwa terbentuknya GPMB di Kabupaten PPU bertujuan untuk meningkatkan budaya minat baca masyarakat.

Bahkan lanjutnya, Syafruddin juga berharap GPMB di Kabupaten PPU yang baru dibentuk ini, agar dapat membantu Pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat hingga tingkat desa hingga kelurahan.

“Buku adalah suber ilmu, Namun jika tidak dibaca tidak ada gunanya. Harapan kami gerakan ini mengajak untuk membaca karena buku bukan hanya sekedar ditaruh,” terangnya.

Sementara itu Bupati PPU dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt. Sekda Kabupaten PPU Muliadi, mengatakan bahwa dalam ajaran islam pertama kali Al Qur-an mengawali segala ajarannya dengan perintah untuk membaca, karena membaca merupakan jendela dunia. Dengan membaca dapat meningkatkan kemampuan.

“Membaca tidak hanya meningkatkan intelektualitas kita, namun juga meningkatkan kualitas emosional kita agar menjadi pribadi yang matang. Terutama dalam menghadapi tantangan era millenial dan keterbukaan dewasa ini, ” ungkap Muliadi.

Sedangkan tambah Muliadi, Mengingat pentingnya budaya gemar membaca dengan pembentukan GPMB ini diharapkan dapat menjadi salah satu media yang dapat menjadi motor penggerak maupun mitra bagi Pemerintah Daerah yang dapat membantu tugas-tugas Pemerintah untuk dapat lebih melakukan pembinaan dan pengembangan minat baca di Daerah.

” Kedepan, para pengurus GPMB PPU juga diharapkan bisa proaktif melakukan terobosan-terobosan melalui perluasan informasi di semua sektor, dengan mengkampanyekan program berkelanjutan mengenai kegemaran membaca di ruang lingkup masyarakat, ” harapnya. (Advertorial/NK2)