PDAM PPU Terus Berbenah Beri Pelayanan Terbaik Bagi Mayarakat

Kantor PDAM Danum Taka PPU

Lakukan Evaluasi Hulu Hilir, Hingga Penempatan Jabatan

PENAJAM (NK) – Dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Taka milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus beberbenah. Termasuk penataan ulang mulai penempatan Sumber Daya Manusia (SDM) sesuai kafasitasnya hingga mengevaluasi seluruh fasilitas PDAM yang ada.

Hasilnya memang luar biasa dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten PPU. Dalam kurun waktu setahun terakhir ini PDAM PPU dibawa kepemimpinan Taufik mengalami perubahan yang lebih baik lagi. Dari sejumlah masyarakat yang ditemui sebagai pelanggan PDAM di PPU mengungkapkan bahwa perusahaan air minum ini mengalami kemajuan dalam pelayanannya.

Diawal-awal sebagai pimpinan PDAM PPU saat itu yang telah kami lakukan adalah tentunya melakukan perbaikan. Artinya saat itu kami harus mengevaluasi dari hulu sampai hilir, terutama perbaikan kinerja  water treatment plant (WTP) kita, instalasi pengelolaan air di Lawe-lawe, baik dari sisi kualitas, kuantitas maupun kontenitas” kata Kepala PDAM PPU, Taufik, ketika ditemui di kantornya, Selasa, (17/4/2018) kemarin.

Selain itu kata dia yang jelas aspek produksi benar-benar terpokus disana ketika itu. Kemudian lanjutnya penggunaan bahan-bahan kimia, pemanfaatan pompa-pompa air, optimalisasi dan segala macamnya juga dilakukan. Menurutnya yang terpenting kala itu adalah sarana insfrastruktur yang ada harus benar-benar dimaksimalkan untuk menuju perbaikan perusahaan air bersih ini.

“Alhamdulillah itu sudah kami lakukan dan kini perbaikan itu telah kita rasakan bersama,” ujarnya.

Selain itu lanjut mantan Dirut PDAM Sumatera Utara (Sumut) ini, selama setahun lebih kepemimpinannya di PDAM PPU tersebut, pihaknya juga berusaha meningkatkan pelayanan dari sisi kepuasan bagi pelanggan yang ada.

“Pertama kali ke PPU saat itu salah satunya kami melihat pelanggan tidak  mendapatkan tempat yang nyaman untuk melakukan pembayaran air. Kemudian dengan keterbatasan yang ada kami berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan salah satunya melalui kerja sama dengan Bankaltim.  Kini pembayaran bagi pelanggan dapat dilakukan ke Bankaltim tanpa harus melalui loket-loket yang ada di Kantor PDAM,”bebernya.

Kemudian tambahnya demi kenyamanan baik bagi karyawan maupun pelanggan dirinya  juga harus berinisiatif untuk merehab kantor PDAM yang ada  dengan memberi nama dan logo baru yang telah disayembarakan di PPU waktu itu.  Selanjutnya dirinya juga menempatkan SDM yang benar-benar bisa melayani pelanggan dengan baik. Secara keseluruhan juga telah mengevaluasi SDM  mulai bidang-bidang tehnik, administrasi dan keuangan yang ada.

“Untuk menuju perbaikan ini tentunya kami juga telah melakukan pelatihan-pelatuhan maupun penguatan-penguatan diantaranya  bekerjasama dengan PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara,  kemudian dengan Kementerian PU melalui pendidikan balai diklat tentang pengelolaan air bersih di Bekasi. Jadi itu merupakan beberapa upaya kita untuk meningkatkan ekslarasi peningkatan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Kabupaten PPU,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap PDAM sebagai operator perpanjangan tangan pemerintah daerah PPU dalam pelayanan air bersih sangat mendukung pemerintah daerah dalam pelaksanaan program pemerintahan  khususnya bagaimana agar pelayanan dasar air bersih menjadi kebutuhan dasar bagi manusia khususnya di kabupaten PPU. (Humas6/ervan/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.