Edukasi

Peduli Kesehatan Sekolah PHKT Gelar Gerakan Sekolah Sehat

Bupati Kukar, Edi Damansyah mengikuti senam masal bersama siswa dan siswi SMPN 1 Marangkayu

TENGGARONG (NK) – PT. Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) bekerjasama dengan Yayasan PEDULI Balikpapan, Sabtu (4/1) pagi, menyelenggarakan acara Gerakan Sekolah Sehat bertajuk “Bumi yang Indah Berawal Dari Sekolah”, sebagai bentuk kepedulian kesehatan di sekolah.

Acara gerakan sekolah sehat tersebut diselenggarakan di halaman SMP Negeri 1 Marangkayu, diikuti oleh perwakilan siswa-siswi pelajar di kecamatan Marangkayu. Turut hadir pula Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, camat Marangkayu, Sugiarto dan para Kepala Desa se kecamatan Marangkayu.

Dalam acara tersebut dilaksanakan senam bersama, praktek mencuci tangan menggunakan sabun, praktek cara sikat gigi yang benar, penanaman pohon secara simbolis oleh bupati serta penanda tanganan deklarasi komitmen bersama Gerakan Sekolah Sehat Kecamatan Marangkayu.

Perwalikan Pimpinan PHKT,  Dharma Saputra pada kesempatan itu menjelaskan, acara Gerakan Sekolah Sehat ini merupakan bagian dari program Sekolah Sehat yang diinisiasi oleh PHKT bekerjasama dengan yayasan PEDULI. Sebelumnya telah dilaksanakan beberapa kegiatan dalam program Sekolah Sehat ini yaitu, sosialisasi PHBS, pelatihan kader UKS, pelatihan pengolahan sampah organik, pelatihan sampah anorganik, penataan UKS, bantuan peralatan UKS dan pelatihan guru pembina UKS se kecamatan Marangkayu.

PHKT, sebutnya, melalui Program CSR dalam menyelenggarakan program sekolah sehat tersebut dengan melihat bahwa jumlah anak di indonesia rata-rata 30 persen dari total penduduk Indonesia dan di Indonesia terdapat lebih dari 250.000 sekolah negeri, swasta maupun sekolah agama dari berbagai tingkatan. Usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sehingga sangat potensial menjadi agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.

“Program sekolah sehat juga merupakan upaya perusahaan untuk mewujudkan kesadaran akan pentingnya kesehatan di lingkungan sekolah guna melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang kondusif,” ujarnya.

Dharma Saputra mengungkapkan, peluncuran Gerakan Sekolah Sehat tersebut menjadi momentum bersama untuk selalu berprilaku hidup bersih dan sehat karena kebersihan selain akan berdampak pada kesehatan kebersihan juga sebagian dari iman.

“PHKT berharap bahwa Gerakan Sekolah Sehat yang merupakan bagian dari Program CSR Sekolah Sehat ini dapat menanamkan nilai-nilai PHBS, sehingga dapat lebih mempromosikan nilai-nilai PHBS, baik di lingkungan sekolah, maupun lingkungan yang lebih luas lagi di masyarakat,” terangnya.

Pada kesempatan sama,   Edi Damansyah mengingatkan, filosofi gerakan ini adalah tidak boleh berhenti sampai pada momen-momen tertentu saja,  misalnya pada awal tahun atau akhir tahun saja, sehingga diperlukan konsep yang matang dan dipahami oleh semua pihak, agar dapat mencapai tujuan sebagai sekolah Adiwiyata.

Selain itu , tambahnya, kunci kesuksesan dari sekolah sehat ini adalah semua warga sekolah memahami perannya masing-masing sehingga bekerja berdasarkan konsep yang telah dibuat. “Saya berharap setelah acara ini, dapat terus ditindaklanjut berbagai pihak yaitu kolaborasi antara dunia usaha yang ada di Kecamatan Marangkayu termasuk PHKT serta Pemkab Kukar, sehingga ada lompatan capaian,” tukas Edi.

Dalam acara ini juga diadakan penandatanganan Deklarasi Komitmen Bersama Gerakan Sekolah Sehat Kecamatan Marangkayu yang ditandatangani Bupati Kukar, Camat Marangkayu, UPT Layanan Pendidikan, Kepala KUA, Kepala Puskesmas, Ketua PKK, serta seluruh Kepala Desa se kecamatan Marangkayu.

Berita Popular

To Top