ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Pelaksanaan Ujian Online Kenaikan kelas di PPU Lancar

Kepala Disdikpora PPU, Alimuddin

PENAJAM (NK) – Ujian atau ulangan kenaikan kelas ini diikuti oleh peserta didik tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) atau sederajat dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat negeri dan swasta di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan lancar. Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) PPU, Alimuddin kepada newskaltim, Selasa (9/6/2020) di Penajam.

“Pelaksanaan ulangan kenaikan kelas secara online dalam jaringan (daring) digelar sejak Senin kemarin (8/6) hingga Kamis (11/6) depan berjalan lancar, meskipun ada sebagai kecil masih ada siswa yang berada di luar jaringan (luring),” ujarnya.

Menurut Alimuddin, bagi orangtua yang tak memiliki atau tak bisa menyediakan handphone android untuk anak dengan aplikasi Google Classroom, maka disediakan soal ulangan secara luring untuk dikerjakan siswa di rumah.

“Ada di beberapa sekolah karena peserta didiknya tidak memiliki fasilitas handphone android atau berada di lokasi luring, sehingga sekolah memberikan lembar soal dan lembar jawaban fisik kepada siswa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bagi pelajar yang tinggal di kawasan rawan karena terdapat orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19, maka kegiatan pembelajaran termasuk ujian dilaksanakan daring.

Selain itu, Alimuddin juga menyatakan ada sebagian daerah di PPU yang sulit jaringan internet, maka pada wilayah tersebut ujian dilaksanakan secara luring. Ada sebagian sekolah yang mengantar langsung ke rumah para siswa, namun ada pula orangtua yang mengambil soal dan lembar jawab ke sekolah.

Alimuddin juga menjelaskan, ada satu peserta didik di SDN 13 Girimukti yang tidak mengikuti ulangan, karena siswa tersebut ikut orangtuanya ke wilayah lain dan tidak bisa dihubungi oleh pihak sekolah. Ia berharap ada keluarga yang bisa dihubungi atau datang ke sekolah memberitahukan keberadaan siswa tersebut.

Diakuinya, dalam situasi pandemik saat ini tentu ulangan kenaikan kelas atau ujian bahkan, tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, pihaknya memastikan bahwa proses pembelajaran tetap berjalan. Sementara, bagi pelajar yang tidak mengikuti ulangan kenaikan kelas dapat mengikuti susulan sampai batas akhir yang telah ditentukan. (nav/nk)

Berita Popular

To Top