Pelatihan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 di Kabupaten PPU

PENAJAM NK – Pelatihan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 Lokakarya 6 yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan berlangsung selama 4 – 6 Juni 2021, di Ruang Pertemuan SD 013 PPU, Sabtu (04/06/2021)

Kepala Disdikpora Alimudin, saat di temui mengatakan kegiatan Pelatihan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 1 ini sebetulnya sudah berlangsung selama enam bulan, yang setiap harinya dilakukan secara dalam jaringan (daring)/online. Bahkan sebulan sekali dilakukan secara luring/offline.

” Program pendidikan guru penggerak merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini juga meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, serta pendampingan selama 9 bulan bagi calon guru penggerak,” ungkap Alimudin.

Alimudin menambahkan, sebanyak 65 calon guru penggerak yang sudah lulus mengikuti seleksi dan sekarang akan dilatih untuk meningkatkan sistem pembelajaran pendidikan di Kabupaten PPU. Tetapi untuk saat ini yang mengikuti pelatihan sebanyak 63, dikarenakan alasan kesehatan dan ada juga diangkat pegawai di daerah lain.

Tujuannya lanjut Alimudin, Program Guru Penggerak nantinya akan mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya. Bahkan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

” Saya harap kepada seluruh guru yang ada di Kabupaten PPU untuk wajib menyampaikan butir-butir Pancasila, untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai luhur Pancasila kepada anak-anak peserta didik, ” pungkasnya. (Advertorial/NK2)