Pembangunan IKN, Inspirasi Kota Digital Smart City

BALIKPAPAN (NK) – Pindahnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan suatu anugerah dan membawa kesejahteraan bagi orang Daerah khususnya Kalimantan Timur.

Dr. Yuhadi, SE. MM selaku Ketua Majelis Hakim Adat Dayak Nasional Kalimantan Timur, menerangkan kepada awak media terkait dengan kesiapan menyambut dan mengawal pembangunan IKN Nusantara

” Memandang atau melihat perpindahan IKN merupakan suatu anugerah bagi kita orang daerah di mana dengan perpindahan IKN akan banyak manfaat, banyak keuntungan dan banyak berkah yang kita peroleh dari perpindahan IKN, Tentunya akan membawa kesejahteraan bagi kita semua,” ujarnya pada Kamis (22/9/2022)

Kemudian, Kesiapan kita pertama kita bersyukur kehadirat Tuhan dengan menjaga kondisi Kalimantan Timur ini tetap kondusif, jangan ada hal-hal yang membuat gaduh, membuat tidak aman, tidak tentram sehingga IKN ini pindah dengan sebaik-baiknya dan tidak ada gangguan dari manapun.

” Langkah kita bergandengan tangan dengan semua pihak baik dengan kepala Otorita IKN, dengan pemerintah daerah, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, termasuk komponen masyarakat yang ada di Kalimantan Timur, kita bersatu dalam menyambut kepindahan IKN, Dengan adanya IKN pindah tentu saja kita akan mendapat manfaat yang sangat besar, mungkin generasi kita tidak seberapa tapi tetap juga ada, generasi yang berikutnya itu akan luar biasa, mendapat manfaat dari perpindahan IKN baik kita daerah, karena IKN ini ditempatkan di pertengahan, sehingga daerah-daerah lain tidak terlalu jauh ke Ibu Kota,” ungkapnya.

Selain itu, IKN merupakan titik tengah dan ini sangat mempermudah, sangat mengurangi biaya transport kita sehingga kita tidak mengeluarkan ongkos yang lebih besar dan kedepannya dengan adanya perpindahan Ibu kota ke Kalimantan akan membawa perubahan yang baru bagi bangsa Indonesia di mana akan dirancang mulai perpindahan sampai seterusnya, ini akan menjadi kota yang bagus, yang sejajar dengan kota-kota yang ada di dunia ini.

” Kami masyarakat dayak mendukung sepenuhnya perpindahan IKN dan kami tidak mau adanya gangguan dari manapun, dari siapapun yang mengganggu sehingga akan menghambat bahkan mematahkan IKN, kami senantiasa bersatu dengan semua pihak untuk menyingkirkan hambatan-hambatan dan gangguan yang ditimbulkan dari siapapun tetapi kita berdoa kepada yang maha kuasa semoga perpindahan IKN ini berjalan mulus dan lancar,” Pungkasnya (Bah/NK)