Pembukaan Sosialisasi Lomba INOVDA Tingkat OPD Kabupaten PPU 2021

PENAJAM (NK) – Sebagai pendukung eilayah utama ibukota negara (IKN) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pastinya sangat memerlukan berbagai inovasi dari segala aspek pembangunan yang paling terutama pada produktivitas pelayanan dan peningkatan kinerja pemerintahan daerah melalui Organisasi Perangka Daerah (OPD) di PPU.

Dalam hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten PPU menggelar Lomba Inovasi Daerah (INOVDA) bagi OPD se Kabupaten PPU yang digelar di Aula Lt. I Kantor Bupati, Rabu (3/3/2021.

Sosialisasi ini dilaksanakan secara daring (online), dan diikuti seluruh OPD dan Camat se-Kabupaten PPU. Kegiatan dibuka Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat PPU Ahmad Usman, dan turut hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) PPU Budi Santoso, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Provinsi Kalimantan Timur (kaltim) Syahrir, Sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) PPU Yunita Liliana serta sejumlah pejabat lainya.

Dalam sambutannya, Ahmad Usman mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh undangan yang mengikuti acara kegiatan Sosialisasi Lomba Inovasi Tingkat OPD Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2021 ini. Hal tersebut pastinya dengan tujuan mewujudkan innovative government sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten PPU.

“ Hal ini guna menghadirkan inovasi dan kreativitas tata kelola administrasi pemerintahan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima yang profesional,”ucap Ahmad Usman.

Dalam hal ini tambah Ahmad Usman, inovasi pelayanan publik adalah jenis pelayanan yang baik, juga ini merupakan gagasan atau ide kreatif baik original, adaptasi, serta modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Lanjutnya, inovasi seperti ini adalah salah satu kegiatan penelitian, pengembangan atau pun perekayasaan yang dilakukan. Dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru.

“Untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk atau pun proses produksinya, hal itu pun demi mengaselerasi dan mewujudkan visi dan misi Kabupaten Penajam Paser Utara Maju, Modern dan Religius,”tutupnya. (*/NK2)