Pengurus PDKT PPU Dikukuhkan

Sekretaris Umum PDKT Provinsi Kaltim, E Thamus Bodjer mengukuhkan dan melantik pengurus PDKT PPU periode 2018-2023

Tohar : PDKT Jadi Pengayom dan Perekat Dayak di Kaltim

PENAJAM (NK) – Pengurus Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Cabang Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dikukuhkan oleh Sekretaris Umum PDKT Provinsi Kaltim, E Thamus Bodjer Rabu, (10/1/2018) kemarin, dihadiri Sekda PPU, H Tohar serta pengurus PDKT Kaltim dan PPU dihadiri Sekda PPU, H. Tohar, pengurus PDKT Kaltim, PPU serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Tohar menyampaikan bahwa PDKT merupakan induk besar yang menjadi pengayom dan perekat keluarga besar Dayak di Kaltim, terlepas banyaknya persoalan daerah yang berpotensi mengkerdilkan keberadaan semua organisasi.

“Mari kita kedepankan tujuan mulia ini, terkait dibentuknya kepengurusan organisasi PDKT, kita jangan tergerakan untuk menjadi bagian dari kelompok-kelompok kepentingan sesaat yang bersifat pragmatis, mari kita kedepankan untuk tujuan mulia yang lebih besar, bagaimana agar kita mampu dan memperoleh kehidupan dengan harkat dan martabat yang sama dengan komponen masyarakat yang lain,”ajak Tohar.

Lanjutnya, di PPU terdapat banyak ormas baik sifatnya nasional maupun kedaerahan, namun itu semua menurutnya hal wajar karena semuanya dijamin oleh konstitusi, untuk bisa berkumpul dan berserikat menuangkan pendapat.

Namun demikian mari kita sepakat jangan keluar dari bingkai konstitusi, kita merupakan bagian terdepan dalam rangka bingkai Negara Kesatuan Republlik Indonesia (NKRI), Negara kita kebetulan dibentuk di atas ke Bhinekaan, ini yang harus kita sadari benar, kalau tidak Bhineka bukan Indonesia, kita sangat menyadari itu sehingga pilar-pilar kebangsaan yang banyak itu yang dikedepankan, salah satunya kebhinekaan untuk dirawat, dipelihara, karena itu jati diri bangsa kita,”terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PDKT Provinsi Kaltim, E Thamus Bodjer menambahkan, pelantikan Pengurus PDKT Cabang PPU merupakan pelantikan yang ketujuh dari 10 organisasi PDKT Kabupaten/kota yang ada di Kaltim. Dirinya akan mengaktifkan semua pengurus cabang yang ada di Kaltim, dengan tujuan agar Persekutuan Dayak di Kaltim ini betul-betul dapat mengayomi serta dapat merangkul semua komponen masyarakat di Kaltim khususnya masyarakat Dayak terutama yang berhubungan dengan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat kedepan.

“Tentunya kita harus berdampingan dengan masyarakat yang lain di Kaltim secara khusus masyarakat Dayak supaya bisa bersama-sama terlibat dalam segala aspek kemajuan pembangunan yang ada di Kaltim ini,”ungkapnya.

Terpisah, Ketua Umum PDKT Cabang Kabupaten PPU, Karyadi Iyah dalam sambutannya berjanji bersama-sama dengan anggotanya untuk mensukeseskan Pilkada Buputi/Wakil Bupati PPU dan gubernur/wakil gubernur Kaltim, ia mengatakan siapapun terpilih menjadi Kepada daerah di PPU dan Kaltim nantinya adalah milik bersama rakyat. “Kami juga akan rangkul semua warga dayak yang ada di PPU untuk bergabung di PDKT PPU,”pungkasnya.(aris/ervan/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.