Pentas Budaya Buen Festival PPU Kembali Digelar


PENAJAM (NK) – Budaya Buen Festival untuk ketiga kalinya kembali digelar pada Jumat – Senin (26 –29/10/2018) di desa Bangun Mulya, kecamatan Waru, kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), walau acara ini hanya setingkat desa namun gaungnya telah mencapai nasional dan turut menjadi perhatian seniman mancanegara untuk tampil dalam Buen Festival ketiga tersebut.

Buen Festival adalah kegiatan yang diilhami dari budaya lokal suku paser namun festival ini juga menurut sertakan suku-suku lainnya yang ada di kabupaten PPU, diantaranya Paser, jawa, Banjar, toraja, batak, dan beberapa suku yang lain.

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) menyampaikan sangat apresiasi kepada semua pihak yang hingga saat ini terus melakukan sinergi dalam mempersiapkan dan mensukseskan pelaksanaan Buen Festival ketiga,

Mari kita sambut dengan semarak dan mari kita sukseskan bersama-sama kegiatan ini, terlebih ditahun ini PPU juga menjadi satu-satunya kabupaten di provinsi Kalimantan Timur terpilih menjadi titik singgah kirab pemuda Nasional yang digagas oleh Kemenpora,”ujar AGM.

Ketua Panitia Yuni Nurhayati Aka juga sekretaris desa Bangun Mulya menerangkan, rangkain pagelaran Buen Festival ini akan menampilkan 12 kultur budaya dan menggabungkan beragam pertunjukan baik unsur kebudayaan lokal yang ada di PPU, pentas seni budaya, termasuk sejumlah edukasi budaya, workshop serta wawasan kebangsaan lewat pertunjukan seni budaya.

“Festival buen yang ke-3 ini kembali digagas berdsasarkan dari rujukan sebelumnya yang pernah dilaksanakan, terlebih dengan gaungnya festival ini sampai ke tingkat nasional bahkan sejumlah penggiat budawan mancanegara yang pernah ikut terlibat didalamnya,”tukasnya.

Kemudian, lanjutnya,  festival ini menjadi salah satu icon festival kebudyaan yang ada di Kabupaten PPU, dengan kemasan seluruh etnik suku dan budaya PPU yang kemudian dijadikan satu dalam satu rangkain festival termasuk mengangkat nilai-nilai gotong royong yang menjadi ciri khas tersendiri dalam festival ini dan jadi perhatian tersendiri bahkan mendapat apresiasi oleh penggiat budaya nasional.

“Festival buen ini akan lebih spesial karena akan kedatangan rombongan peserta kirab pemuda Nasional dimana mereka ikut berpastisipasi dalam rangkaian kegiatan itu,”pungkasnya.(Humas-agus/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.