Penyebaran Covid-19 PPU Menurun, Trend Mulai Membaik

PENAJAM (NK) – Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Muliadi mewakili Bupati PPU menyatakan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten PPU alami penurunan sehingga dan trendnya mulai membaik. Demikian dikatakannya saat memimpin apel siaga persiapan Kalimantan Timur (Kaltim) Steril COVID-19 di wilayah Kabupaten PPU, Sabtu, (6/2/2021) pagi di halaman depan Kantor Bupati PPU.

Apel ini sekaligus menindak lanjuti surat Instruksi Gubernur Kalimantan Timur nomor 1 tahun 2021 tentang Pengendalian, Pencegahan dan Penanganan wabah covid-19. Apel dihadiri oleh Forkopinda PPU dan sejumlah unsur terkait lainnya seperti TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan PMI.

Dalam sambutannya Muliadi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dikarenakan kasus covid-19 di Indonesia sampai saat ini sudah menembus angka di atas satu juta. Sementara untuk wilayah Kaltim sendiri sudah menembus angka kurang lebih 39.853 orang dan bertamah setiap harinya dengan jumlah kematian akibat virus corona hampir menyentuh angka seribu orang.

“Namun kita di PPU trendnya sudah mulai membaik dari Kabupaten Kota lainnya. Semoga dengan adanya momen ini dapat meningkatkan rasa kepedulian kita bersama dalam upaya untuk memerangi dan menanggani virus corona di lingkungan kita masing-masing agar tercipta lingkungan yang bebas dari virus tersebut,” harap Muliadi.

Muliadi mengigatkan kegiatan persiapan Kalimantan Timur Steril Covid-19 di wilayah Kabupaten PPU diharapkan dapat mengurangi penularan virus tersebut, dapat menjangkau tempat sebanyak mungkin, khususnya yang berpotensi sebagai objek penyebaran virus antara lain pelabuhan, objek wisata, hotel maupun tempat lainnya.

Kegiatan ini juga merupakan langkah proaktif untuk meningkatkan upaya penanganan potensi penyebaran Covid-19, yang diharapkan dapat melakukan langkah yang cepat, terukur dan terkendali.

“Dalam melaksanakan tugas ini, tentu harus mematuhi protokol kesehatan yang meliputi Gerakan 5M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun diair mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” pinta dia.

Dalam kesempatan itu Muliadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Unsur Forkopinda, serta seluruh komponen lainnya yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya dalam mensukseskan acara tersebut. Dirinya mengajak semua yang hadir di tempat itu untuk dapat berpartisipasi dalam mensukseskan program-program yang berhubungan dengan penanganan potensi penyebaran Covid-19.

“Saya berharap dukungan dari semua pihak beserta seluruh SKPD terkait, agar program yang berkaitan dengan Covid-19 dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara maksimal sehingga wilayah Kabupaten PPU segera menjadi bersih dari penyebaran virus covid-19 tersebut,” tutup Muliadi. (Advertorial/NK2)