Peran Aktif dan Jiwa Gotongroyong Seluruh Elemen Sangat Penting

Sekda PPU, Tohar memukul gong sebagai tanda simbolis dibukanya pencanangan BBGRM ke XV dan HKG PKK ke 46 tahun 2018 tingkat Kabupaten

Tohar Buka Pencanangan BBGRM XV dan HKG PKK ke- 46 Di Desa Binuang

PENAJAM (NK) –  Sekretaris Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara (PPU), Tohar mengatakan peran aktif dan jiwa kegotongroyongan seluruh elemen baik pemerintah dan masyarakat sangat penting. Demikian dikatakannya saat membuka pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  XV  dan Hari Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke 46 tahun 2018 yang dilaksanakan di Desa Binuang, Kecamatan Sepaku, PPU, Selasa (31/7/2018).

Kegiatan dihadiri, anggota DPR RI, Hj. Kasriah beserta para unsur forum koordinasi pimpinan daerah Kabupaten PPU dan jajaran Tim pengerak PKK kabupaten dan kecamatan.

Dalam sambutannya Tohar menyampaikan, pentingnya memaknai filosofi gotong royong karena jangan sampai hanya dengan tema yang sudah di berikan tidak meresapi makna sesungguhya dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sosial bermasyarkat termasuk sinergitas antara seluruh elemen baik pemerintah, masayarakat dan sejumlah unsur pendukung lainnya,”ujarnya

Melalui gagasan tema kegiatan yakni Dengan Semangat Kerja bersama kita berdayakan Gotong Royong Demi terwujudnya Masyarakat Maju, Mandiri dan sejahtera di Kabupaten PPU. Maka harus memberikan spirit dan dorongan positif untuk saling bersinergitas terlebih kepada elemen yang memiliki peran penting yang dihadirkan oleh pemerintah daerah melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD),”katanya.

Terutama, lanjutnya, dalam mengambil kebijakan pemberdayaan dalam lingkup masyarakat serta kebijakan yang dilakukan tentunya merupakan bagian tidak terpisahkan dari kebijakan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab diletakan di wilayah Kabupaten dan Kota.

Tohar menjelaksan, bertitik tolak pada upaya yang diharapakan dalam pencanangan BBGRM XV dan HKG PKK ke 46 tahun 2018, salah satu upayanya adalah mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan masyarakat termasuk mengajak kepada seluruh komponen baik masyarakat dan unsur pendukung lainnya.

“Terlepas dari keterlibatan masyarakat dalam peran Bulan Bakti ini tentunya diperlukan peranan keterlibatan pejabat terkait yang menjadi salah satu pendukung dalam mengindentifikasi indikator yang menjadi unsur terpenting dalam kegiatan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat BBGRM XV dan HKG PKK ke 46  serta dalam menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK,”kata Tohar.

Menurutnya, pencanangan BBGRM XV HKG PKK ke 46 tahun 2018 secara simbolis resmi dibuka dengan pemukulan Gong dan penyerahan alat Gotong Royong berupa alat cangkul, arit, dan skup kepada Kepala Desa /Lurah yang mewakili setiap Kecamatan di Kabupaten PPU sebagai wujud pelaksanaan kegotong royongan yang terwujud dalam kegiatan  BBGRM HKG PKK yang dilakukan setiap tahunnya. (Hms16/nav/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.