ADVERTORIAL - PARLEMENTARIA

Perangkat Desa se Kecamatan Babulu Ikuti Bimtek Aplikasi Netdesa.id

BALIKPAPAN (NK) – Sebanyak 41 perangkat Desa se Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Desa berbasis aplikasi (Netdesa.id) yang digelar selama dua hari 17 dan 18 Oktober 2019 di Hotel Jatra Balikpapan.

Kegiatan ini sebelumnya diagendakan akan dibuka oleh Bupati PPU, Abdul Gafur Mas’ud (AGM), namun karena bupati berhalangan hadir akhirnya Bimtek  dibuka oleh Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Babulu, Irmawati, Kamis (17/10/2019) malam.

Bimtek berbasis aplikasi ini juga menghadirkan pembicara dari PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta yang merupakan tim Aplikasi Netdesa.id langsung,  Najid Jauhar, S.Sos, HL, Msi dengan materi administrasi desa dan Y. Ipunk Yulianto, M, eng. sebagai pemateri tentang aplikasi Netdesa.id.

Dalam sambutannya Irmawati sebelum membuka kegiatan ini mengatakan bimtek tersebut dilaksanakan karena saat ini dipandang sistem  administrasi dimasing-masing desa yang ada khususnya kecamatan Babulu  masih belum tertata dengan baik yang kerap menimbukan berbagai persoalan seperti terkait surat menyurat, arsip belum bisa ditemukan secara cepat, Arsip hilang, lambat dalam pelaksanaanny dan sebagainya.

“Melalui bimtek aplikasi Netdesa.id ini diharapkan persoalan-persoalan seperti ini yang kerap terjadi dapat teratasi dengan baik,”ungkapnya.

Dirinya menambahkan, saat ini pihak kecamatan khususnya di Babulu juga melihat bahwa di Tahun 2019 ini tugas-tugas kecamatan banyak terpokus kepada seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan salah satunya terkait  administrasi yang ada dimasing-masing desa.

“Kami berharap aparatur pemerintah desa setelah kegiatan ini lebih memahami dan mampu mengelola administrasi di desa secara baik dan sesuai dengan peraturan yang ada,  mampu melayani masyarakat secara cepat dan tepat,  menguasai administrasi desa dan tata naskah secara baik dan benar melalui aplikasi administrasi pemerintahan desa atau aplikasi netdesa.id ini, “harapnya

Menurutnya aplikasi Netdesa.id ini juga merupakan aplikasi yang mampu mencakup berbagai layanan yang ada di desa sekaligus seperti tentang administrasi, surat menyurat, Apbdes dan tentang aset.

Melalui bimtek aplikasi desa  ini dirinya juga berharap kedepan dapat mempermudah seluruh perangkat desa, salah satunya dalam perihal surat menyurat. Keterbatasan personil yang dimiliki masing-masing desa juga  diharapkan dapat terbantukan dengan adanya aplikasi ini dalam rangka mewujudkan tertib administrasi desa nantinya.

“ Bimtek ini juga dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tertib administrasi desa yang mampu berfungsi sebagai sumber data dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (Humas6/nav/nk)

NK:

Berita Popular

To Top