Peringati Hut, Seluruh Kader Golkar Kukar Ziarah Makam Sultan Kutai

TENGGARONG (NK) – Pagi hari Kota Tenggarong yang sempat di guyur hujan tampak tidak menyurutkan semangat para Kader Partai Golkar untuk melaksanakan niat berziarah ke taman makam para Sultan pada Sabtu (19/1/2019) di Areal Pemakaman Museum Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Kelurahan Panji Kecamatan Tenggarong (Kutai Kartanegara).

Para rombongan peziarah yang berjumlah kurang lebih 30 orang, di pimpin oleh Ketua DPD Partai Golkar Kukar – Abdul Rasid, SE.,M.Si di dampingi Al Habib Shofi Bin Hud Al Mudhor selaku pembaca doa tahlil dan dikawal oleh Ketua AMPG Kukar – Idham Khalid beserta Pasukannya.

Kegiatan rangkaian ziarah makam, dalam rangka memperingati HUT Golkar ke 55 diawali keberangkatan rombongan pagi itu, di Sekertariat Partai berlambang pohon beringin tersebut di Jalan Patin, Kelurahan Timbau menuju Museum Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Jalan Tepian Pandan Kelurahan Panji.

Setibanya di kawasan museum, Abdul Rasid beserta rombongan memasuki area taman makam para Raja/Sultan Kutai diawali menziarahi makam Raja Kutai ke XV Aji Imbut Gelar Sultan Aji M. Muslihuddin (1780 – 1816) salah satu Raja/Sultan sekaligus Pendiri Kota Tenggarong pada 28 September 1782.

Kemudian ke beberapa sesepuh makam para Sultan lainya disekitaran museum, usai menuntaskan ziarah makam di seputaran museum, Rasid dan rombongan menuju taman makam para Sultan Kutai Kartanegara lainya yang berada di areal makam Jalan Kelambu Kuning Kelurahan Melayu Tenggarong, dimana menurut kisah riwayat sejarah Kutai serta fakta situs bersejarah di Tenggarong, di tempat pemakaman tersebut juga di kebumikan beberapa para Sultan yang mangkat selain itu bertepatan di kawasan makam kelambu kuning tersebut, juga di kebumikan salah satu tokoh sekaligus Pemimpin daerah kukar yang tersohor dan di cintai warganya (Alm) Syaukani AR, Eks Bupati Kukar yang juga pernah menjabat selaku Ketua DPD Golkar di jamanya.

Pada satu kesempatan jeda, saat di konfirmasi oleh newskaltim.com Rasid melalui statementnya “kegiatan ziarah ini, adalah bertujuan memberi penghormatan dalam rangka memperingati HUT Golkar ke 55 dan harapan kedepannya, semoga dengan semakin dewasa dan bertambahnya usia Partai Golkar, semakin berjaya di Kukar dengan seiring perkembangannya, bersamaan mensejahterahkan rakyat Kukar melalui slogan Partai, Perjuangan Golkar Perjuangan Rakyat,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan rangkain kegiatan ziarah, para rombongan Partai kembali menuju Sekertariat dan melaksanakan pemotongan tumpeng diiringi doa hajat qobul kemudian dilanjutkan acara makan bersama.

Kegiatan acara ziarah ke makam para Sultan Kutai di Taman makam Museum Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura dan ke makam (Alm) eks Bupati Sayukani AR (eks Ketua Golkar) di taman makam Kelambu Kuning merupakan rangkaian acara, dimaksudkan sebagai penghormatan kepada para Raja/Sultan Pendahulu Tetuah Kota Tenggarong sert dalam rangka, memperingati HUT Golkar ke 55 dengan slogan Perjuangan Golkar Perjuangan Rakyat. (im/nk)