Peringatan Hari Bhayangkara, Polres PPU Gelar Upacara Parade dan Syukuran

Kapolres PPU AKBP Sabil Umar saat memimpin upacara hari Bhayangkara ke-72 tahun di halaman mapolres PPU


PENAJAM (NK) – Polres Penajam Paser Utara (PPU) Polda Kaltim melaksanakan upacara parade dan syukuran dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-72 tahun 2018. Upacara dilaksanakan di halaman mapolres PPU sekitar pukul 08.00 wita. Rabu, (11/7/2018).

Upacara dan syukuran dipimpin langsung Kapolres PPU AKBP Sabil Umar serta dihadiri Bupati PPU Yusran Aspar, Dandim 0913/PPU Letkol Infantri Mahmud, Kepala Kejaksaan Negeri Penajam Darfiah, Sekda PPU Tohar, Danki C 600 Raider Kapten Infantri Hasmi Quswen, Wakil Ketua I DPRD PPU Sudirman, Wakil Ketua II DPRD PPU Saharudin M. Noor, Danpos AL Peltu Mas Deni Hamdani, Ketua MUI PPU Ustad Juhdi Panani, Ketua Bhayangkari Cabang PPU beserta Pengurus, serta tamu undangan Lainnya kurang Lebih 60 orang.

Dalam sambutannya, Kapolres PPU AKBP Sabil Umar membacakan amanat Kapolri, ia menyampaikan bahwa Berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri melalui Program Promoter telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan. Sebagai tindak lanjut dari program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya, Program Promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan publik.

Lanjutnya, Program Promoter difokuskan pada 3 (tiga) kebijakan utama yang sederhana, yaitu Peningkatan Kinerja, Perbaikan Kultur, dan Manajemen Media. Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. Sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan mengangkat prestasi – prestasi Polri dan menetralisir berita negatif, termasuk hoax.

Selama dua tahun implementasi Program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Public trust terhadap institusi Polri terus meningkat. Polri yang pada tahun 2016 termasuk dalam tiga institusi paling tidak dipercaya publik, kini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga, telah berada pada tiga besar lembaga dengan kepercayaan publik terbaik,”jelasnya.

Namun demikian menurutnya, Polri menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan tersebut tidak akan dapat diraih tanpa adanya dukungan dari Presiden dan Bapak Wakil Presiden RI, para pimpinan Lembaga Tinggi Negara, para pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh anggota MPR / DPR/DPD RI, para mitra kerja, senior dan sesepuh Polri, serta seluruh masyarakat. Oleh karena itu, Polri mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya.

“Tidak lupa, kami juga mengucapkan terima kasih atas kebijakan Presiden RI yang telah meningkatkan ruang fiskal anggaran Polri, khususnya peningkatan tunjangan kinerja personel Polri menjadi 70% bersama-sama dengan TNI mulai Juli 2018 ini,”ungkapnya.

Terlepas dari berbagai capaian prestasi tersebut, dirinya menyadari masih banyak kelemahan Polri. Ke depan, Polri berkomitmen untuk terus melaksanakan perbaikan agar kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan terus meningkat, karena institusi Polri merupakan milik seluruh rakyat sekaligus sebagai aset bangsa Indonesia tercinta.

“Beberapa agenda nasional yang akan menjadi fokus Polri ke depan antara lain pemeliharaan situasi kamtibmas pasca Pilkada 27 Juni, penyelenggaraan Asian Games 2018 di 4 provinsi dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018 di Bali, serta tahapan Pilpres dan Pileg 2019. Polri bersama seluruh komponen Pemerintah dan masyarakat akan bekerja maksimal untuk menjamin stabilitas keamanan dalam negeri,”pungkasnya.

Upacara selesai pukul 08.40 wita, situasi aman dan kondusif. Kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama dan syukuran di lobi Polres PPU serta Penyerahan Piagam atau ucapan terima kasih Kepada Polres PPU dari ketua Bamag, Ketua MUI dan ketua KPU PPU dan Penyerahan Hadiah pemenang lomba dalam rangka Menyambut ulang tahun bhayangkara ke 72. Dengan lomba- lomba diantaranya Lomba Kompetensi Bhabinkamtibmas Polres PPU, Lomba Gapura, Lomba Poskamling, Lomba Domino dan Lomba catur.(aris/nk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.