Peringatan Hari Jadi Kabupaten PPU yang Ke 19

PENAJAM (NK) – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar upacara peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten PPU dengan mengusung tema “Bangkit Membangun Peradaban Baru di Ibu Kota Negara yang Maju, Modern dan Riligius Menuju Indonesia Maju”, di halaman Kantor Bupati PPU, Kamis (11/03/2021).

Pelaksanaan upacara pada tahun ini sangat berbeda dibanding tahun sebelumnya, karena dilaksanakan ditengah wabah covid19 serta dengan jumlah tamu undangan yang sangat terbatas serta protokol kesehatan yang super ketat.

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud (AGM) juga selaku Inspektur Upacara turut memimpin peringatan HUT ke 19 Kabupaten PPU. Serta tampak hadir Komandan Kodim 0913 PPU Letkol Inf. Dharmawan Setyo Nugroho mewakili Pangdam Mulawarman, Kalpores PPU AKBP Hendrik Hermawan mewakili Kapolda Kaltim.

Selain itu pada kesempan ini tampak hadir juga Wakil Bupati PPU Hamdam, Bupati PPU periode 2008-2013 Andi Harahap yang saat ini merupakan Anggota DPR Kaltim, Wakil Bupati PPU Periode 2008-2013 Mustaqim MZ, Sultan Paser YM Aji Muhammad, Ketua DPRD Kabupaten PPU Jhon Kenedy, Ketua Tim Sukses Pemekaran PPU Harimuddin Rasyid, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkompimda) serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tokoh masyarakat dan tokoh agama di lingkungan PPU.

Dalam sambutan AGM mengatakan bahwa semangat pembentukan Kabupaten PPU pada hakekatnya didasari oleh cita-cita luhur untuk mewujudkan kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Cita-cita luhur ini kata dia, harus senantiasa ditanamkan dalam diri sehingga menjadi spirit dan motivasi bagi seluruh komponen masyarakat Kabupaten PPU.

“ Oleh karena itulah, tema peringatan hari jadi ke-19 yang kita laksanakan pada hari ini, yaitu Bangkit Membangun Peradaban baru di Ibukota Negara yang Maju, Modern dan Religius menuju Indonesia Maju. Dengan IKN di Kabupaten PPU, kita ingin menciptakan pembangunan yang dapat dinikmati untuk seluruh lapisan masyarakat, “ ucap AGM.

Lanjut AGM, kehadiran dirinya saat ini adalah menginjak tahun ke-tiga sebagai Bupati PPU. Oleh karena itu, HUT ke-19 Kabupaten PPU ini terasa sangat istimewa dan dirinya berharap momentum ini menjadi titik balik untuk evaluasi terhadap waktu yang telah lewat dan menjadi titik tolak untuk bermimpi tinggi akan cita-cita yang luhur ke depan.

Dalam kesempatan ini orang nomor satu di PPU itu juga menyampaikan berbagai program daerah yang telah digagas dan membawa kemajuan bagi daerah, diantaranya pencanangan program BPJS PBI APBD yang semua warganya dijamin kesehatannya melalui BPJS dengan status tingkatan kelas 3 oleh Pemerintah Kabupaten PPU.

Bahkan tambah AGM, pelaksanaan program pelayanan pendidikan kepada masyarakat melalui pendidikan dan seragam sekolah gratis pada seluruh siswa baru dari tingkat PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan SLB baik sekolah negeri maupun swasta, dengan total siswa dan siswi tahun ini berjumlah 13.222 orang dengan Jenis bantuan berupa, seragam nasional, seragam pramuka, seragam batik, seragam olahraga, sepatu dan kaos kaki, tas sekolah dan jilbab, serta masih banyak program-program lainnya yang ada di PPU untuk kemajuan daerah.

“Kita juga patut berbangga karena diawal tahun 2021 PPU telah berhasil menorehkan prestasi dengan mendapatkan dua panji keberhasilan pembangunan yaitu terbaik I dalam bidang pembangunan hukum dan HAM dan terbaik I dalam bidang pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana kategori kabupaten. Saya ucapkan selamat dan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi kepada SKPD yang menjadi leading sektor atas kerja keras, pengabdian dan pengorbanannya, juga para tokoh dan seluruh warga masyarakat yang memberikan dukungan penuh bagi kemajuan PPU, ” tutup AGM.

Diakhir pelaksanaan upacara peringatan HUT ke 19 Kabupaten PPU, sejumlah penghargaan juga diserahkan oleh Bupati PPU kepada SKPD, ormas maupun masyarakat umum serta juga digelar Sidang Paripurna DPRD. (Advertorial/NK2)