Posko Siaga Corona Desa Sidorejo Segera Beroperasi

PENAJAM (NK) – Menindak lanjuti Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tingkat Desa dan Kelurahan demi percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 atau lebih dikenal Covid-19. Desa Sidorejo Kelurahan Petung Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mendirikan Posko Siaga Covid-19, terletak di Komplek Perumahan Agies Village. Minggu (14/03/2021)

Kegiatan pendirian posko siaga itu dilaksanakan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Penajam Serda Djatmiko, Kepala Dusun Sidorejo Heni Sukarno, Ketua Rukun Tetangga (RT) 02 Sidorejo Wakiran serta warga RT 02.

Babinsa Koramil 01/Penajam Djatmiko saat dijumpai mengatakan, maksud tujuan dari berdirinya Posko Siaga Covid 19 tersebut mensinyalir hasil musyawarah dengan kepala Desa Sidorejo serta seluruh RT, terkait pemberlakuan PPKM di seputaran Desa.

Hal tersebut tambahnya, ada dua Posko Siaga Covid19 yang akan dibangun, selain di Komplek Perumahan Ageis village serta di kantor Desa Sidorejo sebagai posko siaga utamanya. Tolak ukur dibangun nya posko siaga covid19 ini diperumahan, karena rata-rata mayoritas yang tinggal di sini kebanyakan warga dari luar Desa Sidorejo.

“Dari hasil musyawarah posko tingkat RT difokuskan di perumahan ini, karena sangat strategis kita bikin portal untuk penjagaan warga yang keluar masuk agar bisa terdata. Kalau di RT lain yang ada di desa sini tidak mungkin diportal, karena masuk jalan pelintasan.” Ucap Djatmiko

Pembangunan posko siaga covid19 ini tidak luput dari biaya, maka pembangunan tersebut seharusnya menggunakan anggaran Desa. Karena peraturan dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) sudah diperintahkan 8% dari anggaran Desa untuk PPKM tersebut.

“Karena di desa Sidorejo ini anggarannya masih belum ada, jadi hasil dari musyawarah kemarin kita putuskan dengan cara swadaya masyarakat. Saya juga berharap agar covid19 segera berlalu di benuo taka ini ” pungkas Babinsa tersebut.

Adapun salah satu warga perumahan Agies Village tersebut mengatakan, ia sangat mendukung dengan adanya posko siaga covid19 di perumahan, menurut ya ada sebanyak kurang lebih 150 rumah rata-rata pendatang di Desa Sidorejo.

“Saya mengapresiasi sekali atas terbentuknya pencegahan covid19 dengan di dirikan posko ini di depan perumahan yang saya tempati, karena mayoritas warga disini dari luar desa semua.” Ujar seorang lelaki yang salah satu calon untuk jadi RT diperumahan tersebut

Lelaki yang menggunakan baju kemeja merah tersebut sangat mengharapkan ketegasan dan pemeriksaan nanti agar lebih diperketat lagi, walau pun dikomplek perumahan belum ada yang tepapar virus covid19.

“Mudah-mudahan dengan adanya posko tersebut masyarakat bisa lebih mematuhi protokol kesehatan
, Ya walaupun warga dikomplek perumahan sini belum ada yang terpapar covid19.” Tutupnya. (NK2)