PHKT Juara Tiga Eco Office 2020 DLH Kota Balikpapan

Berkomitmen Mendukung Gaya Hidup Hijau

BALIKPAPAN (NK) – Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) berhasil meraih juara ketiga sebagai perusahaan ramah dan berbudaya lingkungan atau Eco Office tahun 2020 yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan.

Lomba Eco Office yang digagas oleh DLH Balikpapan ini merupakan usaha menciptakan kesadaran dan penerapan budaya CGH (Clean, Green, and Healthy) pada lingkungan perkantoran di Kota Balikpapan.

Pembibitan atau Nursery, Resapan Air atau Biopori ruang terbuka yang berada di PHKT dan Tim PHKT bersama tim verifikator DLH Kota Balikpapan

PHKT memulai penilaian atau Assessment Green Building kantor utama Pasir Ridge pada Januari 2019 silam, kemudian atas undangan DLH Kota Balikpapan PHKT mengikuti Lomba Eco Office. Setelah melalui proses penilaian self-assessment dan penilaian langsung di kantor PHKT Pasir Ridge pada Rabu (11/11/2020), PHKT berhasil menjadi pemenang ketiga dalam lomba Eco Office yang diumumkan pada Senin (23/11/2020) lalu.

Berkaitan dengan Eco Office tersebut Pjs Manager Relations PHKT, Mira Tripuspita dalam siaran persnya Jumat 27 November 2020 menjelaskan, kepedulian atas lingkungan di area PHKT sudah menjadi salah satu budaya dalam aktifitas sehari-hari di perusahaan, seperti mengurangi penggunaan kertas (paperless), pembatasan penggunaan minuman botol plastik, penghematan energi dan air serta program perlindungan lingkungan lainnya.

“Program Eco Office ini sejalan juga dengan visi dan misi PHKT yaitu menjalankan operasi yang handal, aman dan ramah lingkungan, kami terus berkomitmen untuk melanjutkannya secara berkesinambungan,” tegasnya.

Dibeberkannya, kantor PHKT yang berada di lokasi Komplek Pasir Ridge Balikpapan, Kelurahan Telaga Sari, Kecamatan Balikpapan Kota ini, memiliki luas sekitar 238.412 m2 dan berada di sekitar hutan Kota Telagasari Balikpapan. Oleh karena itu PHKT menganggap sangat penting untuk tetap menjaga berbagai keanekaragaman hayati yang ada di sekitar kantor Pasir Ridge PHKT seperti pohon beringin (Ficus benjamina), putri malu (Mimosa pudica), rumput gajah (Axonopus compressus) dan jenis spesies pohon lainnya.

“Di wilayah Pasir Ridge juga terdapat pembibitan (nursery) untuk melakukan proses pembibitan tanaman sebagai salah satu program melestarikan keanekaragaman hayati. Ada sekitar 20 jenis tanaman yang tersedia, antara lain,  bayam hias, brokoli hias, singkong hias, tri color, akar tupai dan nanas kering,” sebutnya.

Sebagai bagian dari pengelolaan lingkungan hidup untuk menjaga daerah resapan tanah, lanjutnya, PHKT juga telah membuat biopori di ruang terbuka hijau di sekitar area perkantoran PHKT, seperti di sekitar perumahan E-house Pasir Ridge, terdapat kurang lebih 15 biopori yang telah dikelola untuk resapan tanah sejak tahun 2013.

“Pemanfaatan sampah tanpa proses dan mendaur ulang sampah juga kerap dilakukan oleh PHKT, yaitu berupa pengolahan sampah organik dari taman dan dapur yang kemudian dikelola menjadi kompos. Selain itu pemisahan jenis sampah atau segregasi sampah dan penggunaan tempat sampah sesuai jenis sampah (color coding waste bin) juga diimplementasikan di seluruh lokasi kerja PHKT,” terang Mira Tripuspita.

Ia menegaskan, PHKT terus berkomitmen mendukung gaya hidup hijau dengan melakukan berbagai kegiatan pengelolaan lingkungan perkantoran maupun di seluruh daerah operasi. PHKT selalu menempatkan keselamatan dan kesehatan manusia serta perlindungan lingkungan sebagai prioritas utama dimana PHKT beroperasi, sesuai dengan aturan dan standar lingkungan yang berlaku.(nav)