Balikpapan

PHKT Wujudkan HKTPS Paru-Paru Kota Tempat Belajar

Walikota Balikpapan , Rizal Efnedi buka selubung HKPTS sebagai Paru Paru Kota Balikpapan

BALIKPAPAN (NK) – PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) terus mendukung upaya pemerintah dalam menjadikan Hutan Kota Pendidikan Telagasari (HKPTS) sebagai Hutan Kota Pendidikan dan juga sebagai Paru Paru Kota Balikpapan. Demikian siaran pers PHKT yang disampaikan kepada newskaltim, Sabtu (1/2/2020).

Bekerjasama dengan kelompok kerja (Pokja) HKTPS dan Yayasan Peduli, PHKT berupaya memfasilitasi kegiatan pendidikan lingkungan untuk pelajar sekolah maupun masyarakat umum di Hutan Kota Pendidikan Telagasari yaitu melanjutkan program sebelumnya berupa pembenahan fasilitas fisik yang ada antara lain, gazebo, WC, rumah anggrek dan perlengkapan perawatan tanaman.  Selain itu juga turut memfasilitasi jalur-jalur pembelajaran, modul pendidikan lingkungan, fasilitator pemandu dan fasilitasi lainnya.

POKJA HKPTs masa Bakti 2020 – 2023 pose bersama Walikota Balikpapan, Rizal Efendy, Manager Relation PHKT, Tommy Sibuea dan pejabat lainnya

Pencanangan Slogan Paru-paru Kotaku Tempat Belajarku untuk HKPTS  dilakukan oleh Walikota Balikpapan, Rizal Efendy, Jumat (31/1) bertempat di Gazebo HKPTS. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Pengukuhan Pengurus Kelompok Kerja Hutan Kota Pendidikan Telagasari (POKJA HKPTs) masa Bakti 2020 – 2023 dengan Ketua Umum H. Ishak, S.Pd dan dibantu oleh Widodo dan Suratmin sebagai Ketua 1 dan 2, Sekretaris Tutut Supriati, dan Rusmalina Serta Sampriani sebagai bendahara.

Sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran Slogan “Paru-paru Kotaku, Tempat Belajarku” pelibatan pelajar untuk menjaga dan melestarikan fungsi dan keberadaan HKTPS agar selalu dapat memberikan manfaat yang besar bagi ekosistem kota khususnya sebagi tempat pembelajaran bersama.

Dilaksanakan kegiatan bertema lingkungan yang melibatkan pelajar di Balikpapan diantaranya adalah lomba melukis, lomba baca puisi dan cipta puisi, Pada kesempatan pencanangan ini, lomba-lomba tingkat Pelajar bertema lingkungan tersebut di tampilkan dalam acara ini, Walikota Balikpapan beserta Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup berkesempatan menjadi Juri Kehormatan untuk lomba baca Puisi. Hal ini dilakukan selain untuk mendekatkan pelajar dengan lingkungan HKPTS, juga adalah sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari jadi Kota Balikpapan Ke 123 tahun 2020.

“Pemerintah Kota akan selalu mendukung penuh untuk kegiatan perlindungan lingkungan. Kami juga mengajak seluruh warga Balikpapan untuk berpartisipasi menjaga dan peduli pada lingkungan dan hutan kota. Mari bersama kita jada lingkungan hidup untuk masa depan,” demikian disampaikan Walikota Balikpapan, dalam sambutannya.

Apa yang disampaikan Walikota Balikpapan ini juga sepenuhnya disambut dengan baik oleh PHKT. Hal ini tergambar dari pernyataan Manager Relation PHKT, Tommy Sibuea yang menyatakan bahwa PHKT akan terus mendukung program pemerintah dalam menjaga lingkungan.

“Mari kita jadikan momentum ini untuk bersama terus bersinergi melestarikan Hutan Kota Pendidikan Telaga Sari agar tetap terjaga eksistensinya sebagai paru-paru kota serta sarana edukasi masyarakat khususnya pelajar di kota Balikpapan,” pungkasnya.

Acara yang dihadiri lebih dari 300 hadirin, termasuk unsur pemerintahan dan pelajar ini ditutup dengan penampilan 6 finalis lomba baca puisi yang cukup menggetarkan hati. Pelajar peserta lomba baca puisi tampil dengan penuh semangat dan menggugah perasaan cinta lingkungan seluruh pendengar apalagi didukung dengan suasana hutan  kota sangat alami.(nk/wid)

Berita Popular

To Top