Pj. Sekda PPU Hadiri HUT Virtual Bhayangkara Ke- 76

PENAJAM – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Penajam Paser Utara (PPU), Tohar menghadiri peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 di Ruang Catur Prasatya Polres PPU, Selasa (05/07/2022). Kegiatan ini meliputi upacara yang dilaksanakan secara hybrid dan dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, serta syukuran yang diadakan di halaman Polres PPU. Peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 ini mengusung tema Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh.

Tohar saat ditemui dalam kegiatan tersebut mewakili pemerintah PPU mengucapkan selamat ulang tahun kepada keluarga besar Bhayangkara, terutama kepada Kapolres dan Wakapolres PPU serta seluruh jajaran komando dan keluarga besar Polres PPU.

“Mudah-mudahan di ulang tahunnya ke-76, Polres Penajam makin maju, kompak, solid untuk menatap masa depan yang lebih baik,” ucapnya.

Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Bhayangkara ini erat kaitannya dengan terbitnya Penetapan Pemerintah No 11 Tahun 1946. Melalui penetapan tersebut, Djawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam Kementerian Dalam Negeri ditetapkan menjadi djawatan tersendiri yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden selaku kepala pemerintahan.

Lebih lanjut, Ia menyebut bahwa tema yang diusung kali ini merupakan perwujudan dari dukungan dan pengabdian Polri kepada bangsa dan negara untuk terus optimis dalam menghadapi berbagai ujian, termasuk pandemi Covid-19.

“Dampak yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 saat ini sangatlah berat. Selain aspek kesehatan, sosial masyarakat, tentunya aspek ekonomi juga terdampak sangat serius yang masih kita rasakan sampai saat ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Polres PPU senantiasa berupaya untuk mendukung dan melaksanakan berbagai program dan kebijakan pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dengan mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos), bantuan langsung tunai (BLT), dan lainnya kepada masyarakat yang terdampak.

“Di samping itu, Polres PPU juga terus memaksimalkan upayanya dalam menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dengan kondusifitas kamtibmas yang mantap, tentunya akan mendukung berputarnya roda ekonomi di wilayah kabupaten Penajam Paser Utara,” pungkasnya.(DiskominfoPPU/Advertorial/NK2)